Integrasi Inquiri dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Madrasah dan Kreativitas

Haryati Haryati, Sri Purwani, Rosanih Rosanih

Abstract


Kunci utama dalam keberhasilan pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar terletak pada strategi pembelajaran yang dirancang oleh guru. Pengaruh strategi pembelajaran tersebut dikembangkan dengan berorientasi pada kurikulum madrasah, materi ajar, dan karakteristik siswa. Kurikulum dan materi pembelajaran menjadi dasar penentuan capaian pembelajaran atau kemampuan yang dapat dibekalkan kepada siswa. Kurikulum dan materi ajar pada mata pelajaran IPA, IPS dan Al-Qur’an Hadis misalnya, dapat mengakomodasi pengembangan literasi madrasah dan kreativitas siswa. IPA, IPS dan Al-Qur’an Hadis mengkaji penyelesaian masalah-masalah pembelajaran dari berbagai sudut pandang bidang ilmu. Dengan demikian, IPA, IPS dan Al-Qur’an Hadis sangat tepat diselenggarakan dengan pendekatan multidisiplin seperti gabungan dari science, technology, engineering, dan mathematics (STEM). Mengangkat masalah-masalah dalam pembelajaran sangat tepat dilakukan dengan pendekatan Inquiry. Integrasi Inquiri dalam STEM sangat memungkinkan mengaktualisasi literasi madrasah.


Full Text:

PDF

References


Aprianti, D., Harman, & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Lamgsung Pada Siswa Kelas VIII SMP N 22 Batanghari. Jurnal Pendidikan Matematika, VOL. 2. NO. 3.

Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta). Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI (Jakarta). Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hidayah, A &Yuberti (2018). Pengaruh model pembelajaran POE (Presict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Belajar. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education 1 (1) https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index.

Maturradiyah, N., & Rusilowati, A. (2015). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII di Kabupaten Pati Bedasarkan Muatan Literasi Sains. Unnes Physics Education Journal, Retrieved from

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej%0AANALISIS

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar

Purwanto,Ngalim. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rakhmawan, A., Setiabudi, A., & Mudzakir, A. (2015). Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri pada Kegiatan Laboratorium. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA.

Sudujono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta). PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana,Nana,Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Utami Munandar,2004.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat,Rineka Cipta. Jakarta.

Yuberti, & Antomi, S. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (Bandar Lam). Aura CV Anugrah Utama Raharja.

Winkle. (1996). Hakekat Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License