Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Smartphone Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Adelia Mutia Noor, Mamik Suendarti, Hawa Liberna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone dengan aplikasi mit pada materi semester 2 untuk peserta didik kelas 7. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Angket yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pengembangan dengan hasil media pembelajaran layak diimplementasikan setelah revisi. Penilaian media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain pengembangan mendapatkan rata-rata skor keseluruhan sebesar 3,89 dengan kriteria baik sehingga media pembelajaran tersebut memenuhi aspek kevalidan. Berdasarkan hasil penilaian media oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangakan telah memenuhi kualitas dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.

Full Text:

PDF

References


Anggeraeni, R. W., Rahmawati, Y., Febriyana, M. M., & Astuti, I. A. D. (2021). FINOT PHYSTOOL (Find Out Physics Tools) sebagai Media Pengenalan Alat-Alat Praktikum Fisika Berbasis Aplikasi Game Android. Journal of Learning and Instructional Studies, 1(1), 1-8.

Arlen, S. R., Astuti, I. A. D., Fatahillah, F., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Appypie Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 44-49.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko Pada Materi Fisika Kelas X. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 2(1), 14-20.

Liberna, H., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. (2021). The Innovation of Learning Mathematics on Introduction of Number for Pre-School Students. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(1).

Mulyani, E., Wahyuningsih, S., & Natalliasari, I. (2019). Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 119-130.

Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8-15.

Okyranida, I. Y. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan E-Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah IPA Terpadu. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 2(1), 36-40.

Utari, K., Mulyaningsih, N. N., Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Zulherman, Z. (2021). Physics Calculator Application with Matlab as a Learning Media to Thermodinamics Concept. Momentum: Physics Education Journal.

Widodo,Chomsin S. & Jasmadi.(2008).Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.Jakarta:PT Alex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License