Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Primatologi Berbasis Android

Rosyid Ridlo Al Hakim, Islami Annisa

Abstract


Primatologi adalah salah satu cabang ilmu Biologi berbasis taksa yang khusus mempelajari seluk beluk tentang Ordo Primata. Primatologi adalah satu-satunya cabang ilmu biologi yang mempelajari makhluk hidup pada tingkatan ordo, sementara cabang biologi yang lain mempelajari makhluk hidup pada tingkatan taksa yang lebih tinggi yaitu kelas, filum, ataupun kingdom. Hal ini menunjukkan pentingnya ordo primata sebagai subjek atau objek kajian karena secara biologi sangat dekat hubungannya dengan kehidupan manusia. Metode penelitian terdiri atas identifikasi masalah, pengumpulan data, lalu dibangun aplikasi perangkat lunak multimedia berbasis Android dengan metode multimedia development life cycle (MDLC). Hasil perancangan aplikasi multimedia pembelajaran primatologi dirancang untuk perangkat smartphone berbasis Android dengan minimum versi 5.0 atau lebih tinggi. Aplikasi multimedia memuat materi-materi pembelajaran primatologi yang terdiri atas pengantar primatologi, klasifikasi dan distribusi primata, biogeografi primata, anatomi dan fisiologi primata, kelompok sosial primata, tingkah laku sosial, hubungan sosial, ekologi makan, strategi reproduksi, komunitas primata, metode penelitian primata, konservasi primata. Hasil pengujian fitur-fitur yang ada pada aplikasi multimedia primatologi secara black-box testing memberikan hasil sesuai harapan.


Full Text:

PDF

References


Al Hakim, R. R. (2021). Perbandingan Tingkah Laku Harian Alpha-Male Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) dengan Jantan Lain di TWR Makam Mbah Agung Karangbanar [Universitas Jenderal Soedirman]. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24569.19046

Al Hakim, Rosyid R, Arief, Y. Z., Pangestu, A., & Jaenul, A. (2021). Perancangan Media Interaktif Energi Baru Terbarukan Berbasis Android. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), 144–150. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/182

Al Hakim, Rosyid Ridlo, Rusdi, E., & Setiawan, M. A. (2020). Android Based Expert System Application for Diagnose COVID-19 Disease : Cases Study of Banyumas Regency. Journal of Intelligent Computing & Health Informatics, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.26714/jichi.v1i2.5958

Al Hakim, Rosyid Ridlo, Setyowisnu, G. E., & Pangestu, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 82–91. https://doi.org/dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.82-91

Annisa, R. (2013). PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PENGENALAN SATWA PRIMATA BEKANTAN UNTUK ANAK [[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, DKV]. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/17940/slug/perancangan-buku-interaktif-pengenalan-satwa-primata-bekantan-untuk-anak.html

Apriyani, N., Hardigaluh, B., & Wahyuni, E. S. (2019). Pembuatan Buklet Primata Di Hutan Lindung Gunung Senujuh Pada Submateri Pelestarian Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37736

Awaludin, M. T., & Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan Buku Saku Materi Mamalia Di Taman Margasatwa Ragunan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2522

Dahroni, A., Putra, E., & Pratama, M. F. (2019). Perancangan Multimedia Interaktif Untuk Kampanye Penghematan Energi Listrik Rumah Tangga. KILAT, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.33322/kilat.v8i1.364

Dasmo, D. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Tentang Pemanfaatan Energi Nuklir Di Indonesia Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 28 Jakarta. Jurnal Desain, 2(3), 131–144. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V2I03.579

Dogan, S., Dogan, N. A., & Celik, I. (2021). Teachers’ skills to integrate technology in education: Two path models explaining instructional and application software use. Education and Information Technologies, 26(1), 1311–1332. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10310-4

King, B. J. (1993). On primatology and ethics: When monkeys and apes are informants. Language and Communication, 13(2), 117–119. https://doi.org/10.1016/0271-5309(93)90008-b

Makkadafi, S. P., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2017). Pengembangan Modul Evolusi Primata Indonesia Berdasarkan Hasil Penelitian Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1087–1091. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I8.9838

McGrew, W. C. (2004). Primatology: Advanced ape technology. In Current Biology (Vol. 14, Issue 24, pp. R1046–R1047). Cell Press. https://doi.org/10.1016/j.cub.2004.11.042

Pratiwi, B., Ali, R. N., & Sulistiyowati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biodiversitas Berbasis Android. Journal of Tropical Chemistry Research & Education (JTC-RE), 1(1), 36–42. https://doi.org/10.14421/JTCRE2019.11-06

Riyanti, S., Johari, A., & Subagyo, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Website Tentang Pola Aktivitas Dasar Siamang (S. syndactylus) di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Untuk Siswa Kelas VII SMP. Universitas Jambi.

Sastria, E., Susanti, T., Novallyan, D., & Alfatwa, P. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Biologi Umum Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Kerinci. SYMBIOTIC: Journal of Biological Education and Science, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v1i1.3

Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345

Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–7.

T-W-Fiennes, R. N. (1972). The anatomy of primatology. Journal of Human Evolution, 1(4), 333–337. https://doi.org/10.1016/0047-2484(72)90109-1

Whiten, A., Schick, K., & Toth, N. (2009). The evolution and cultural transmission of percussive technology: integrating evidence from palaeoanthropology and primatology. Journal of Human Evolution, 57(4), 420–435. https://doi.org/10.1016/j.jhevol.2008.12.010

Yuniar, Y., Johari, A., & Sukmono, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Website tentang Pola Aktivitas Harian Owa Jawa (Hylobates moloch) di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi untuk Siswa Kelas VII SMP. Universitas Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License