Alat Bantu Analisis Medan Listrik Dua Muatan Titik Berbasis Graphical User Interface

Nurullaeli Nurullaeli, Alpi Mahisha Nugraha

Abstract


Pandemi covid-19 memengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka langsung harus dilakukan dengan sistem daring (dalam jaringan) demi menekan laju penularan covid-19. Pembelajaran dengan sistem daring terutama pada mata kuliah eksak seperti fisika menuntut dosen untuk membuat inovasi media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat alat bantu analisis medan listrik dua muatan titik. Analisis medan listrik dilakukan pada beberapa sub pokok bahasan yaitu menentukan besar serta arah medan listrik akibat dua muatan titik yang diletakkan segaris, menentukan besar medan listrik akibat dua muatan titik yang diletakkan pada sudut-sudut segitiga, dan menentukan posisi medan listrik bernilai nol ketika dua muatan titik diletakkan segaris. Dalam menentukan posisi medan listrik bernilai nol selain digunakan metode analitik juga digunakan metode numerik secant. Algoritma perhitungan pada penelitian ini ditulis dalam bahasa pemrograman MATLAB dan ditampilkan dalam bentuk Graphical User Interface (GUI).  Analisis medan listrik dua muatan titik menggunakan GUI dapat dilakukan dengan relatif cepat dan memiliki akurasi perhitungan yang tinggi. Alat bantu ini dapat menjadi salah satu inovasi media pembelajaran dalam menganalisis medan listrik dua muatan titik yang dapat mendukung proses belajar secara mandiri.


Full Text:

PDF

References


Burden, R. L., & Faires, J. D. (2011). Numerical Analysis. Boston: Brooks/Cole.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Matsun, M., Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(1), 99-107.

Pujiyono, P., Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2016). Desain Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Simulasi PHET (Physics Education and Technology) Pada Materi Medan Listrik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(1), 70-81.

Putri, D. A., Rahmadhany, D., Saefullah, A., & Rostikawati, D. A. (2020). Pemodelan Medan Listrik Pada Dua Muatan Titik Menggunakan Microsoft Excel Untuk Menentukan Posisi Bermedan Listrik Nol. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, 3 (1), 375-380. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/article/view/9716

Susanti, R. J., Noviani, E., & Fran, F. Pemodelan Matematis untuk Persamaan Beda Potensial Listrik. BIMASTER, 8(4), 691-698.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License