Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Biologi

Gunaria Siagian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris dan menganalisa pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Biologi. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis hasil belajar Biologi  peserta didik adalah metode eksperimen. Teknik analisis terdiri dari analisis deskriptif, analisis persyaratan data dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Methodist Pematangsiantar. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 60 peserta didik yang terdiri dari kelas XI IPA A dan kelas XI IPA B. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah divalidasi. Pengujian persyaratan data dengan melakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan didapat hasil bahwa kedua kelompok berdistribusi normal, dan dilanjutkan dengan uji homogenitas  dengan uji Fisher didapatkan hasil bahwa kedua kelompok data memiliki varians yang sama atau homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel Dari hasil perhitungan diperoleh , sedangkan  sehingga diperoleh , berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat dinyatakan bahwa  ditolak, dengan kata lain rata-rata hasil belajar dalam pembelajaran Biologi yang menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan metode konvensional.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Idrisah, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa. Jakarta: Universitas Negeri Malang.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachmawati. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna pembelajaran Untuk Membantu memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. . Bandung: CV. Alfabeta.

Samatowa, H. d. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Index.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License