Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kerjasama Kelompok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia

Yohanes Nong Bunga, Maria Albertina Mbena, Yohanes Boli Tematan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kerjasama kelompok siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere. Materi yang digunakan dalam proses pembelajaran yakni submateri sistem pernapasan manusia. Penelitian dilaksanakan pada 17 Februari 2020 sampai dengan 02 Maret 2020 di SMP Negeri 2 Maumere. Peneliti menerapkan model penelitian quasi experimental design dengan bentuk desain Nonequivalen Control Group Design. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII B yang juga digunakan sebagai kelas ekperimen dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Dalam pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan niai kerjasama kelompok pada kelas ekperimen sebesar 3,517 dengan kelas kontrol sebesar 2,753. Kondisi ini menerangkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap kerjasama kelompok siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere.

References


Arends. (1997). Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi konstuktivitis. Jakarta: prestasi pustaka Publisher

Gusikowendha, E. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Besed Learning untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Kelas IV SDN 4. Galanggang. http:// repository. Unpas.ac. id / 12882 / Diakses Kamis, 14/2/2019:14.26

Ibrahim, M. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Nugroho. (2011). Digital Teknology and The Culture of Teaching and Learning in Higher Education. [Serial on line]. http://wwwklilm.com/artikel/ pendidikan/46 pembelajaran-berbasis-web dan komputer, (5 september 2013).

Nurnawati, E., Dwi Yulianti, dan Hadi Susanto (Eds). (2012). Peningkatan Kerjasama Sswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. File:///C:/Users /ASUS/ Downloads/764-Artiele%20 Text -1501-1-10-2012120.pdf. Diakses senin,18/02/2019.13.09

Purwaningsih, E. (2013). Implementasi Metode Firing Line Untuk Meningkatkan Kerja Sama Kelas VIII D dalam Pembelajaran IPS di SMP Negri 3 Depok Tahun Ajaran 2012. https //eprints. Uny.ac.id/18186/4/BAB%2011%2009.12.01%20Eti%20i. Diakses Kamis, 14/2/2019:14.45

Sarwono. (2011). Psikologi Remaja. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Susanti. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Tipe TPS pada pembelajaran Akuntansi kelas X. http://repository:ae:download/Pdf/3422014.Pdf. Diakses Kamis, 03/10/2019, 13.25

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Ilnovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License