Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Ma-salah Matematika Ditinjau Dari Self-Renewal Capacity-nya

Leny Hartati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada mata kuliah Aljabar Rendah ditinjau dari Self-Renewal Capacity-nya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Aljabar Rendah di salah satu PTS di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling sedangkan instrumen yang digunakan meliputi dokumen (hasil angket Self-Renewal Capacity dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa), lembar observasi, pedoman wawancara, dan peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa masih mengalami kesulitan berdasarkan level Self-Renewal Capacity dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Mahasiswa yang memiliki Self Renewal Capacity tinggi dan sedang memiliki kesulitan pada indikator ‘melaksanakan rencana pemecahan masalah’. Adapun mahasiswa yang memiliki Self Renewal Capasity rendah memiliki kesulitan pada indikator memahami masalah’dan ‘merencanakan strategi pemecahan masalah’.


Full Text:

PDF

References


Aini, Novita Nurul & Mukhlis, Mohammad. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105-128. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Alifmatika DOI: 10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62.Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 200–202, September 2020

Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the problem solving approach to the performance and attitude of first year university students. Social Sciences & Humanities Open, 1(1), 100006. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100006

Cruz, J. K. B., & Lapinid, M. R. C. (2014, March 6). Students’ difficulties in translating worded problems into mathematical symbols. DLSU Research Congress, Manila.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian pembelajaran matematika.. Refika Aditama.

Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 16–23.

Ningsih, E. F. (2016). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Aplikasi Integral Ditinjau dari Kecemasana Belajar Matematika (Math Anxiety). Iqra, 1(2), 191–216.

Novianti, D. E., Khoirotunnisa’, A. U., & Indriani, A. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. JIPM, 6(1), 53–59.

Prabawanto, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi dan Self-Efficacy Matematis Mahasiswa Melalui pembelajara dengan Pendekatan Metacognitive Scaffolding [Disertasi]. UPI.

Puteha, M., & Ibrahim, M. (2010). The usage of self-regulated learning strategies among form four students in the mathematical problem-solving context: A case study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 446–452. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.061.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163–177

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Published Dissertation. Bandung: UPI.

Taufik, Azin. 2016. Diagnosis Kesulitan Mahasiswa Di Universitas Kuningan Dalam Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika Beserta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. JES-MAT. 2(1): 41-54


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License