Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika di kelas terutama jika materi matematika tersebut di hubungkan dengan hal-hal yang bersifat abstrak. Sementara itu, guru juga cenderung menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional, sehingga siswa merasa bosan, malas dan sulit untuk memahami matematika. Tujuan penelitian ini untuk melihat Pengaruh yang Signifikan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model Pretes-Posttess Control Group Desain dengan satu perlakuan, maksudnya adalah bahwa dalam penelitian ini yang diberikan perlakuan hanya kepada kelas eksperimen saja. Pengujian hipotesis terlihat bahwa Untuk ∝=0,05 dk=26-1=25 diperoleh t_tabel=2,060 dan thitung = 2,625 sehingga dapat dilihat bahwa t_hitung>t_tabel yang menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa ada Pengaruh yang Signifikan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori. Diagnosis, dan Remediasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
A.M, Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: RajaGrafindo.
Istarani, Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif, Medan: MEDIA PERSADA.
Rangkuti, Ahmad Nizar. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sigiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM , Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Wilson Simangungsong. 1991. MATEMATIKA DASAR, Jakarta: Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |