Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 9 Jakarta

Rizki Apriliasari, Witri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa SMP Kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa  kelas VIII SMP PGRI 9 Jakarta, tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir aljabar pada siswa. Selanjutnya berdasarkan tes, siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan berpikir aljabar mereka yang terdiri dari kelompok tingkat tinggi, kelompok tingkat sedang, dan kelompok tingkat rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan generasional, transformasional dan level-meta global sudah terlihat pada sebagian siswa kelas VIII. Siswa yang termasuk dalam kelompok tingkat tinggi mempunyai kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global yang cenderung tinggi. Sedangkan siswa dalam kelompok rendah mempunyai kemampuan transformasional yang cenderung rendah, kemampuan generasional yang rendah sampai sedang, dan kemampuan level-meta global yang rendah sampai sedang. 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Badawi, A., Rochmad, R., & Agoestanto, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa SMP Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 182-189.

Balitbang. (2011). Survei Internasional TIMSS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Blanton, M. L., & Kaput, J. J. (2011). Functional thinking as a route into algebra in the elementary grades. In Early algebraization, (pp. 5-23). Springer, Berlin, Heidelberg.

Falakhiyyah, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel.

(Doctoral dissertation, Universitas Jember).

Hayati, L. (2013). Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Karuniawati, D. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kemendikbud. (2017). UN untuk memantau, mendorong dan meningkatkan mutu pembelajaran. Konferensi Pers UN 2017.

Khairunnisa, A. (2015). Matematika Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in the Early Grades: What Is It? The Mathematics Educator.

Lew, H. C. (2004). Developing algebraic thinking in early grades: Case study of Korean elementary school mathematics. The Mathematics Educator, 8(1), 88-106.

Machrus, A. (2012). Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar terhadap Kreativitas Berpikir Siswa dalam Matematika (Studi Kasus di Kelas XI IPA SMAN 1 Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon). (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Matos, A. (2009). Exploring Functional Relationship To Foster Algebraic Thinking In Grade 8. Portugal: Escola Secundaria da Lourinha.

Muthmainnah. (2017). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa MTSN dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif . ETD Unsyiah.

NCTM, A. (2008). Algebraic Thinking in School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nuzula, N. F. (2019). Profil kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar Kolb. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Panasuk, R. (2010). Three Phase Ranking Framework for Assessing Conceptual Understanding in Algebra Using Multiple Representations. Education, 131(2).

Pendidikan, K. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. dalam https://kbbi. kemdikbud. go. id/entri/perpustakaan diakses tanggal 29 Juni 2020.

Persada, A. R. (2013). Pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (studi kasus di kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon).

Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2.2 .

Qur’ani, Z. W. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Radford, L. (2006). Algebraic Thinking And The Generalization Of Patterns: A Semiotic Perspective. Universite Laurentiene, 12.

Rahmawati, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan CRA (Concrete-Representational-Abstract) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Resti, F. (2019). Scaffolding pada Pemecahan Masalah Soal Cerita Bentuk Aljabar di Kelas VII-A Mts Al-Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019.

Rifa'i, A., & Anni, C. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU.

Sari, D. P. (2017). Proses Berpikir Aljabar Siswa dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pokok Bahasan Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kediri: Universitas Nusantara Kediri.

Sari, W. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon). (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Somakim, S., & Azhari, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.

Stacey, K., & MacGregor, M. (1999). Implications for mathematics education policy of research on algebra learning. Australian Journal of Education, 43(1), 58-71.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Suhaedi, D. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis, Berpikir Aljabar, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Suhaedi, D. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis, Berpikir Aljabar, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.

Sumardyono. (2014). Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Renadamedia Group.

Syahrir, & Susilawati. (2015). Pengembangan modul pembelajaran matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2), 162-171.

Usiskin, Z. (2015). What Does It Mean to Understand Some Mathematics? In Selected regular lectures from the 12th international congress on mathematical education, 821-841.

Warsitasari, W. D. (2015). Berpikir Aljabar dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Apotema, 1(1), 1-17.

Widyawati, Astuti, D., & Ijudin, R. (2018). Analisis kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau berdasarkan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(9).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License