Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di SDIT Nurul Yaqin
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang “Penumbuhan Budi Pekerti”. Budaya literasi merupakan kebiasaan berpikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca-menulis yang pada akhirnya akan mengarah kepada cara berpikir kritis, cara pemecahan masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan penciptaan suatu karya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan gerakan literasi sekolah di SDIT Nurul Yaqin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dilakukan triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian (1). Program yang menunjang kebijakan GLS di SDIT Nurul Yaqin antara lain: jam membaca (reading time), pameran, sudut baca, bercerita, mading, literasi numerasi, literasi sains, seminar, dan membuat komik. (2) Faktor pendukung terlaksananya program kebijakan GLS di SDIT Nurul Yaqin antara lain: komitmen kepala sekolah, peran serta orang tua, dukungan masyarakat sekolah, alokasi waktu 15 menit untuk literasi, dan media literasi bervariasi. Faktor penghambat GLS di SDIT Nurul Yaqin antara lain: buku yang belum memadai, ruang perpustakaan yang belum memadai, struktur birokrasi GLS belum ada, dan kesadaran membaca siswa masih rendah.
Full Text:
PDFReferences
Devega & Evita. (2017). Teknologi masyarakat Indonesia: malas baca tapi cerewet di medsos. Kementerian Komunikasi dan Informatika. Retrieved December 14, 2020, from website: https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Strategi pendidik anak usia dini era covid-19 dalam menumbuhkan kemampuan berfikir logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Jenderal, D., Dasar, P., Menengah, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2016). Gerakan literasi sekolah di sekolah sekolah dasar
Kasih, & Pininta, A. (2020). 5 Penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa Indonesia. Retrieved December 14, 2009, from https://www.kompas.com website: https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/21/150640071/5-penyebab-rendahnya-kemampuan-literasi-siswa-indonesia?page=all
Kholid, M. (2019). Kendala-kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada pembelajaran sejarah kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Boja tahun ajaran 2018/2019.
OECD. (2018). PISA 2015. Result in focus: What 15 year old know and what they can do with what they know. Diakses dari (https://oecd.org/pisa/pisa-2015-result-in- focus.pdf) pada 13 Desember 2020.
Pendidkan & Kebudayaan, Kementerian. (2017). Panduan gerakan literasi nasional
Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131
Suwendra, W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Retrieved from www.penerbitbali.com;
Wahyuningsih, D. (2019). Perlunya meningkatkan budaya literasi terhadap siswa sekolah dasar. Retrieved December 14, 2020, from http://koranbogor.com website: http://koranbogor.com/berita/kampus-kita/perlunya-meningkatkan-budaya-literasi-terhadap-siswa-sekolah-dasar/
Wiedarti, dkk. (2106). Desain induk gerakan literasi sekolah.
Wulandari, R. (2017). Implementasi kebijakan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar Islam terpadu Lukman Al Hakim internasional school literacy movement policy implementation in primary school of integrated Lukman Al Hakim international. In Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan (Vol. 6). Retrieved from www.academia.edu
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |