Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dan Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Era Pandemi Covid 19
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom dan Whatshap group terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dilatarbelakangi adanya peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan surat edaran No.4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa pandemi Covid 19. Hal tersebut tentunya berakibat diputuskannya untuk bekerja dari rumah ( Work From Home) sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara daring.Untuk itu mengenai pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid 19 yang mengharuskan menggunakan media pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode deskrisptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel yang digunakan 190 mahasiswa dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan software SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel google classroom (0,523 ) dan whatsapp group (0, 470) berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Batu bara, Hamdan Hussein.(2020).Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona .Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.Vol.5 No.2,74-84 http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Fauzi Maulana.(2020) Pengaruh Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS I SMA Negeri 17 Kota Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi(S1) thesis , FKIP UNPAS.
http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49073
Hapsari,Swita Amalia.(2019).Pemanfaatan Google Clasroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro.WACANA Jurnal ilmiah Komunikasi. Vol.12 No.2 tahun 2019 https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/924/544
Khotimah Khusnul.(2016).Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Aktivitas Belajar.Surakarta.Tiga Serangkai.
Ni’mah.F.I.(2016).Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh(Dintance Learning)pada Homeschoolong”Sekolah Dolan”Malang:Manajemen Pendidikan Volume 25, No.1 Maret 2016.112-119 http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/faiqotul.pdf
Pujilestari. Y .(2020).Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.Buletin Hukum dan Keadilan “ADALAH”ISSN 2338 4638 Vol.4 No.1 (2020). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/0
Rikizaputra & Hanna Sulastri. (2020). Pengaruh E-LEarning dengan Google Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura, Jurnal Pendidikan, Vol.11 No1, 106–118.
https://doi.org/10.2183/tja.75.1_27
Sahidilah,M.Wildan dan Prarasto Miftahurisqi.(2019).Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa.Journal Varidika.Kajian Penelitian PendidikanVol.1 No.1 ,52-57 https://www.researchgate.net/publication/336062416_Whatsapp_sebagai_Media_Literasi_Digital_Siswa.http://dx.doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904
Suhaerani,N.(2009). Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Google Clasroom terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Gambar Teknik Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.Skripsi.Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/5020
Sudjono,A.(2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4 . 0 Prosiding Seminar Nasional, 338–346. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2543
Tafqihan Z.(2011). Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning Cendekia.Vol.2 No.9 Juli – Des 2011,hal:141-154, ISSN:2477-796X
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |