Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah

Martua Ferry Siburian, Mashudi Alamsyah

Abstract


Kepemimpinan Kepala Sekolah harus dapat menggerakkan dan memotivasi kepada: (a) Guru, untuk menyusun program, menyajikan program dengan baik, melaksanakan evaluasi, melakukan analisis hasil belajar dan melaksanakan perbaikan dan pengayaan secara tertib dan bertanggung jawab. (b) Karyawan, untuk mengerjakan tugas administrasi dengan baik, melaksanakan kebersihan lingkungan secara rutin, melaksanakan tugas pemeliharaan gedung dan perawatan barang-barang inventaris dengan baik dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab; (c) Siswa, untuk rajin belajar secara tertib, terarah dan teratur dengan penuh kesadaran yang berorientasi masa depan; dan (d) Orang tua dan masyarakat, agar mampu untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemitraan yang lebih baik agar partisipasi mereka terhadap usaha pengembangan sekolah makin meningkat dan dirasakan sebagai suatu kewajiban, bukan sesuatu yang membebani.


Full Text:

PDF

References


Angelista, S. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/2vf69

Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 76–82.

Elvira, sophia. (2020). Kepemimpinan Pendidikan. 1–3. https://doi.org/10.31219/osf.io/xe8av

Lumban Gaol, N. T. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219

Mukhlasin, A., Era, D. I., & Industri, R. (2019). 130-236-1-Sm. 3(1), 674–692.

Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1697

Ningsih, K. (2020). Kepemimpinan Pendidikan. 11(1), 1–11. https://doi.org/10.31219/osf.io/dh278

Rohmah, L. (2014). Kepemimpinan Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 73–92. http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/141

Sudharta, V. A. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 208–217. https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p208

Wahyudin Nur Nasution. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 66–86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License