Analisis Opini Guru Dan Siswa Di Jakarta Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19

Rahmawati Yuliyani, Sri Rezeki, Bayu Jaya Tama

Abstract


Seperti kita ketahui bersama, pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi covid -19 telah  dilaksanakan selama setahun lebih di negara kita. Banyak hal suka duka yang dialami baik oleh siswa, guru maupun orangtua terkait PJJ ini. Berdasarkan hal itu kami bermaksud mendeskripsikan opini guru dan siswa di Jakarta terhadap PJJ. Responden sebanyak 17 guru dan 105 siswa tingkat SLTP dan SLTA di jakarta baik sekolah negeri maupun swasta kami peroleh dengan menggunakan teknik snowball sampling melalui quisioner yang dikirim lewat WhatsApp  berantai kepada para guru dan siswa  tingkat SLTP dan SLTA di Jakarta. Metode analisis data yang kami gunakan disini adalah Analisis Isi Kualitatif (Contens Analisis Qualitatif). Hasil yang kami peroleh dari beberapa observasi yaitu media yang sering digunakan untuk pjj/online adalah WhatsApp, Googleclassroom, Googlemeet  dan Zoom. Kendala saat PJJ yang paling sering dialami oleh guru dan siswa adalah kendala kurangnya kuota, jaringan internet yang lemah, siswa susah memahami materi yang diberikan oleh guru selama PJJ dan masalah kehadiran siswa dalam pertemuan online, sehingga PJJ ini masih dinilai belum sepenuhnya efektif dibandingkan pertemuan tatap muka.

Full Text:

PDF

References


Asmiati. (2021, Februari 11). Dampak Covid – 19 terhadap Perilaku Anak Usia Sekolah. Retrieved from www.stit-alkifayahriau.ac.id: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/dampak-covid-19-terhadap-perilaku-anak-usia-sekolah/

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 53–56. Retrieved from http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Eriyanto. (2011). Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Ermayulis, S. (2020, Agustus 23). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from www.stit-alkifayahriau.ac.id: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Evayanti, D. (2020, Agustus 23). Efektivitas Pembelajaran melalui Metode Daring (Online) dalam Masa Darurat Covid-19. Retrieved from https://www.stit-alkifayahriau.ac.id: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/efektivitas-pembelajaran-melalui-metode-daring-online-dalam-masa-darurat-covid-19/

Krisyantoro, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Mashabi, S. (2021, Maret 6). KPAI: Angka Putus Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 Cukup Tinggi". Retrieved from https://nasional.kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2021/03/06/12561341/kpai-angka-putus-sekolah-pada-masa-pandemi-covid-19-cukup-tinggi.

Salim, A. ( 2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sari, P. R., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Selama Covid-19 Universitas Veteran Bangun Nusantara , Sukoharjo. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisna, T. (2021, Maret 3). Sejumlah Guru di Tangsel Berharap KBM Tatap Muka Digelar Juli 2021. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/03/20273931/sejumlah-guru-di-tangsel-berharap-kbm-tatap-muka-digelar-juli-2021?page=all

Warni, M. (2021, Februari 8). Kegalauan Masa Pendemi. Retrieved from https://www.stit-alkifayahriau.ac.id: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/kegalauan-masa-pendemi/

Yenny, S. (2020, Agustus 23). Belajar di Tengah Pandemi Covid-19: Orang Tua Berkeluh Kesah. Retrieved from https://www.stit-alkifayahriau.ac.id: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/belajar-di-tengah-pandemi-covid-19-orang-tua-berkeluh-kesah/

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Sosial :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 53–56. Retrieved from http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Sari, P. R., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama COVID-19 Universitas Veteran Bangun Nusantara , Sukoharjo. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License