Peran Penggunaan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah

Haryati Haryati, Suningsih Suningsih, Dewi Astuti, Sri Purwani, Oom Komariah

Abstract


Sistem E-learning Madrasah yang digunakan untuk meningkatkan kualitas belajar, diterapkan sejak masa pandemi Covid-19, dikembangkan untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran siswa dan guru dalam jaringan. E-learning digunakan sebagai teknologi pembelajaran yang dilaksanakan secara paralel atau bersamaan. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang peran E-Learning Madrasah di MTs Negeri 6 Jakarta. Pada tahap awal penggunaan sistem E-Learning yang sebagian besar dimanfaatkan oleh guru pengajar sebagai sarana pengganti tatap muka dikelas yang tidak bisa dilaksanakan karena wabah virus corona. Aplikasi yang digunakan untuk implementasi sistem E-Learning adalah Moodle. Guru dan siswa memanfaatkan sistem ini bukan hanya sekedar sebagai media distribusi materi pelajaran, tetapi juga sebagai sarana untuk absen, ujian CBT, dan video converen, untuk berkomunikasi dengan siswa di luar waktu belajar dan melakukan manajemen tugas siswa secara online serta mengadakan evaluasi atau kuis secara online. 

Full Text:

PDF

References


Dick, W. & Carey, L. (2005). The Systematic Design of Instruction. Glenview, Illinois: Scoot, Foresman and Company.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rieneka Cipta.

Gagne, R. M. (1977). The Condition of Learning. New York:

Halt Rinerhart and Winston. Gerlach and Elly. 1980. Teaching and Media Asystematic Approach. Englewood Cliffs, N.J.

Gunawan A.W. (2007). Born to be A Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Hasibuan, (1994). Psikologi Pendidikan, Jakarta : Grasindo.

Lumenta, Aries S.M. (2015). Implementasi Sistem eLearning di Universitas Sam Ratulangi.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian/article/view/11935/0

Petersen, L. (2005). Bagaimana Memotivasi Anak Belajar. Jakarta : Grasindo.

Retno, D. (2008). Strategi Pembelajaran IPA. Unimed. Medan.

Rohandi, A. dan Ahmadi, A. (2000). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Snelbecker, G. (1974). Learning Theory, Instructiona Theory, and Psychoeducational Design. New York: McGraw-Hill Book Company.

Sudjana, N. (1998). Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah, N. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Uno, H. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License