Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MI Al-Awwabin, Kota Bekasi

Yunita Endra Megiati, Noor Komari Pratiwi, Mutia Maulidina Andari

Abstract


Kepemimpinan merupakan proses mengarahkan dan memengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari anggota kelompok. Seorang kepala sekolah/madrasah harus memiliki kemampuan untuk memimpin dan mengembangkan sekolah. Di sisi lain, kinerja guru berkaitan erat dengan upaya pencapaian tujuan besar dan strategis, yaitu pendidikan yang berkualitas. Kinerja seorang guru mengacu kepada kemampuan dalam menjalankan tugas pelayanan pendidikan secara mandiri. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi guru atas gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MI Al-Awwabin, Kota Bekasi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei. Sampel berjumlah 11 orang guru. Data mengenai persepsi guru atas gaya kemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru diperoleh melalui angket. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh persepsi guru atas gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MI Al-Awwabin. Uji statistik menghasilkan nilai probabilitas Fhitung (sig.) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas gaya kepemimpinan kepala madrasah (X) terhadap kinerja guru (Y). Besarnya koefisien korelasi ganda (R) 0,791 menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara variabel persepsi guru atas gaya kepemimpinan kepala madrasah (X) dan kinerja guru (Y). Nilai koefisisen determinasi (R2) 0,626 menunjukkan bahwa variabel persepsi guru atas gaya kepemimpinan kepala madrasah (X) berpengaruh sebesar 62,6 % terhadap kinerja guru (Y).

Full Text:

PDF

References


Astuti, R. dan Dacholfany, M. I. (2016). Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 1(2), 204-217.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Ed.2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barnawi dan Arifin, M. (2012). Kinerja Guru Profesional. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Danim, S. dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan : Visi dan Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hidayat, S. dan Asroi. (2013). Manajemen Pendidikan; Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Hidayat, S. (2016). Profesi Kependidikan; Teori dan Praktik di Era Otonomi. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan. (2010). SISDIKNAS; Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.

Lestari, I.D., Lestari, F. A. P., Megiati, Y.E. (2018). Sikap Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SDN Gugus 7. Faktor- Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan. Banten: Gaung Persada Pers Group.

Mirfana, A. M. (2009). Manajemen Perubahan; Landasan Teoritis Untuk Praktik Kepemimpinan Institusional Pendidikan. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.

Mukhtar dan Iskandar. (2013). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Reverensi.

Rachmawati, Y. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 01(01), 19-28.

Siregar, J. (2021). Pengembangan Pendidikan IPS dalam Prespektif Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Jakarta: UNINDRA Press.

Sefudin, A., Prasetyono, H., Hapsari, S. (2018). Perilaku Organisasi. Jakarta: Mitra Abadi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin, M., Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License