Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau Dari Adversity Quotient Dengan Penerapan Schoology
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient dengan penerapan schoology terhadap pemecahan masalah Fisika. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survei dengan teknik regresi. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika semester ganjil tahun akademik 2020/2021 sebanyak 60 mahasiswa yang dipilih secara acak. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner untuk mengukur adversity quotient, sedangkan pemecahan masalah fisika menggunakan instrumen tes. Analisis data meliputi statistik deskriptif, dan inferensial dengan Anova. Hasil pengujian hipotesis statistik terhadap indeks koefisien regresi menunjukkan ditolak, berdasarkan parameter pada tingkat kepercayaan a=0,05, yang membuktikan terdapat pengaruh adversity quotient dengan penerapan schoology terhadap pemecahan masalah fisika. Penerapan pembelajaran Fisika melalui schoology menunjukkan kecenderungan kemampuan pemecahan masalah Fisika yang lebih baik seiring dengan adversity quotient mahasiswa yang semakin baik. Adversity quotient memberikan efek positif dalam pembelajaran daring dengan penerapan schoology. Mahasiswa yang memiliki adversity quotient yang baik mampu bertahan dan termotivasi, serta tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah yang terdapat dalam soal fisika yang diberikan secara daring pada schoology.
Full Text:
PDFReferences
Elfiadi. (2016). Pengaruh Adversity QuotientDan Sikap Pada Matematika Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 157-170.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hastuti, R., Rahman, U., & Muchlisah. (2019). Pengaruh Adversity Quotient(Self Regulation) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba. Jurnal Al-Ahya, 1(2), 42-52.
Hidayat, A. F. (2013). Hubungan Adversity Quotient Dengan Prestasi Belajar Kalkulus II Ditinjau Dari Aspek Metakognisi, Motivasi Dan Perilaku. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 1(1), 1-8.
Hidayat, Muh Yusuf dan Andira, Ayu. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2): 140-148. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.nx
Napis. (2018). Analysis of physics problem solving in the perspective of self efficacy and adversity quotient. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 31-30.
Purwaningsih, Ria. Rosidin, Undang, dan Wahyudi, Ismu. (2017) Pengaruh Penggunaan E-Learing Dengan Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4): 51-61. http://repository.lppm.unila.ac.id/6025/1/Artikel%20Fisika%201.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |