Pengembangan Lintasan Belajar Materi Himpunan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di SMPN 5 Padangsidimpuan

Nur Indah Simamora, Fitri S. S Chaniago

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurang pahaman siswa terhadap konsep-konsep himpunan. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep himpunan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan desain lintasan belajar melalui pendekatan kontekstual materi himpunan di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan lintasan belajar dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik agar kualitas pembelajaran meningkat. Penelitin ini menggunakan model Gravemeijer & Cobb design research terdiri dari tiga fase, yakni: preliminary design, experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan kontekstual  dikatakan sangat valid dan sangat praktis. Kevalidan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 79 dari analisis 3 validator. Kepraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 88 dari angket respon siswa dan terlakasananya  seluruh komponen. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitas- aktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajarannya memahami memahami konsep himpunan, konsep diagram venn dan operasi himpunan.

Full Text:

PDF

References


Phil Daro, et al. (2011). Learning Trajectories In Mathematics. CPRE.

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.

Rully Charitas Indra Prahmana. (2007). Design Research: Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar. Depok: Rajawali Pers.

Wina Sanjaya. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Kencana Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License