Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika SMP Pada Pokok Bahasan Persamaan Grafik Fungsi Kuadrat

Ade Lukman Nulhakim, Retno Nengsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal menyangkut persamaan dan grafik fungsi kuadrat. Cara berpikir siswa yang semi konkrit kemungkinan menyulitkan siswa mengimajinasikan materi persamaam kuadrat ke dalam bentuk grafik, terlebih sebelumnya siswa harus mengetahui konsep penetapan absis dan ordinat pada kooordinat kartesius. Media interaktif diharapkan menjadi solusi utuk mengatasi rendahnya daya imajinasi gambar grafik oleh siswa. Media interaktif yang dikembangkan agar mampu mengatasi kesulitan siswa dalam cara menentukan letak koordinat pada setiap persamaan dan membuat grafik fungsi dengan benar. Tujuan penelitian ini untuk membuat, mengembangkan, dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dapat melatih kemampuan pemahaman grafik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Temuan penelitian: (1) ahli pendidikan memberikan penilaian hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan persentase akhir sebesar 87.143% (2) oleh ahli multimedia memberikan penilaian hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan persentase akhir sebesar 84% 3) oleh ahli Matematika memberikan penilaian hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan persentase akhir sebesar 92,5% (4) Uji skala terbatas yang dilakukan kepada 10 orang siswa SMP Al Qalam diperoleh hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan presentase akhir sebesar 85,167%.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, K, Zuhdan. (2012). Research and Development Pengembangan Berbasis Penelitian. Diakses dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/zuhdan-kun-prasetyo-med-dr-prof/KULIAH%20UMUM%20Research%20and%20Development.pdf.

Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukirwan. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang : Bahan Ajar MPB 201 UNTIRTA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License