Sertifikasi Dosen, Sebuah Amanat Untuk Kemajuan Pendidikan Bangsa

Diah Oga Nusantari

Abstract


Dosen harus memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan berkepribadian, dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan kualitas dosen di Perguruan Tinggi terus diupayakan pemerintah salah satunya dengan pemberian sertifikasi. Pemberian sertifikasi dosen bukan hanya merupakan penghargaan tetapi juga merupakan evaluasi dalam rangka pengendalian mutu Pendidikan secara nasional. Pemberian tunjangan sertifikasi dosen yang diberikan dirasa belum secara maksimal dimanfaatkan. Masih perlu dilakukan perbaikan sistematika penilaian kualitas dosen yang dilakukan setiap semester antara lain dalam hal administrasi pelaporan. Pelaporan BKD harus terpusat dan terintegrasi agar kemajuan kinerja dosen dapat terpantau. Sedangkan pada pelaksanaan harus diperhatikan kualitas luaran dari kinerja dosen seperti buku-buku, modul, ataupun kualitas karya-karya ilmiah yang dapat diketahui dari indeks jurnal tersebut. Dalam hal penelitian dapat dipantau kualitasnya dengan keikutsertaan dalam penelitian Hibah dari Dikti. Dengan demikian pelaksanaan Beban kinerja dosen (BKD) dilakukan tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban dalam rangka perolehan tunjangan atas sertifikasi dosen, tetapi menyasar kepada tujuan sebenarnya yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan kepakaran para dosen sebagai amanat untuk memajukan Pendidikan di Indonesia,

References


Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang guru dan dosen nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia,2. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo

Dwi Darmoko, P. (2017). Dampak Tunjangan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madaniyah, 1, 2086–3462.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (SERDOS) Terintegrasi. In Dikti.

Mendikbud RI. (2014). Permendikbud No. 139 Th. 2014 ttg Pedoman Statuta dan Organisasi PT. 2014.

Nur, C. M. (2020). Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Atas Di Aceh Jaya. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 60–74. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6790

Sonia Piscayanti, K. (2015). Pengaruh Sertifikasi Dosen Terhadap Kinerja Pengajaran Dosen Undiksha. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i1.4922

Sugiarti, E., & Mawardi, S. (2021). Monitoring Kineja Dosen : Manfaat Dan Dampaknya Terhadap Perguruan Tinggi. 4(4), 816–822.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. (n.d.).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License