Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Borobudur, Cilandak)

Yulian Dinihari, Martua Ferry Siburian, Musringudin Musringudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Borobudur, Cilandak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Indonesia, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Borobudur, Cilandak dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia secara baik, yaitu dengan menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, program semester dan program tahunan, sedangkan Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara terstruktur sesuai dengan perangkat pembelajaran atau RPP, dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup pelajaran dan Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan pada saat proses kegiatan pembelajaran belum berlangsung dengan prosedur penilaian pre test dengan tes lisan, tes formatif, dan tes sumatif.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License