Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Borobudur, Cilandak)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Borobudur, Cilandak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Indonesia, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Borobudur, Cilandak dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia secara baik, yaitu dengan menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, program semester dan program tahunan, sedangkan Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara terstruktur sesuai dengan perangkat pembelajaran atau RPP, dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup pelajaran dan Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan pada saat proses kegiatan pembelajaran belum berlangsung dengan prosedur penilaian pre test dengan tes lisan, tes formatif, dan tes sumatif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |