Penggunaan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Matematis Siswa

Ade Lukman Nulhakim, Arif Susanto, Ahmad Husain

Abstract


Rendahnya kemampuan pemahaman konsep bangun ruang siswa tidak terlepas dari kurangnya alat peraga dan sumber media pembelajaran di sebuah sekolah, Pembelajaran matematika yang selama ini diberikan cenderung diberikan dalam bentuk abstrak memungkinkan sulitnya daya tangkap dan imajinasi siswa usia SMP untuk menerima materi matematika tersebut. Perlu nya media atau alat peraga sebagai media bantu pembelajaran merupakan salah satu solusi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun ruang siswa, Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pembelajaran matematika di era perkembangan teknologi adalah memanfaatkan Software geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran terhadap konsep bangun ruang matematis siswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen. Temuan penelitian pada penggujian media di peroleh media pada kategori baik, sedangkan hasil uji skala terbatas pada tes kemampuan pemahaman bangun ruang siswa SMP Al Qalam diperoleh hasil adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep bangun ruang siswa yang diberikan pembelajaran dengan media software geogebra.

References


Abdullah, & Suratno, J. (2015). Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 112–115

Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. 3(1), 1–9

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Prees. https://ebook.sultrakini.com/ms/azhararsyad-2011-media-pembelajaranpdf.pdf

Fuadi, dkk (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika 3(1), 47-54

Nulhakim, A. L., Susanto, A., Nugraha, M. L., & Nengsih, R. (2019). Trik Menggunakan Adobe Flash Dalam Media Pembelajaran Interaktif (Ghofar El Ghifari (ed.)). El Nisa Media Utama.

Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang Belajar dan Mengajar dalam Persfektif Belajar Aktif. Jurnal Psikologi, 23(2), 73–83.

Permendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan dasar dan Menengah_Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta : Diterbitkan

Riduwan, D. (2010). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta.

Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2018). Desain Aplikasi Media Pembelajaran untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Konsep Geometri. 3(1), 18–26.

Syamsiah. (2017). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 2(1), 53–63


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License