Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Widya Halimah, Maria Dewati, Irnin Agustina Dwi Astuti

Abstract


Salah satu peran guru yaitu membuat materi yang akan disampaikan menjadi tidak membosankan dan menarik untuk dipelajari, sehingga diperlukan inovasi atau pengembangan dalam penunjang pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis mind mapping pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Produk ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Produk yang sudah divalidasi akan diuji efektivitas dan respon siswa  yang dilakukan di SMAN 49 Jakarta dengan melibatkan 34 siswa kelas XI MIPA 3. Hasil validasi menunjukkan ahli media memperoleh rata-rata 84,2% dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 88,3% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata 96,2% dengan kategori “sangat layak”. Sehingga rata-rata validasi video pembelajaran sebesar  89,6% dengan kategori “sangat layak”. Video pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai 80,9% yang dikategorikan “baik”. Uji respon siswa mendapat hasil sebesar 91,1% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut, maka video pembelajaran yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran serta efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.

References


Arifin, A. M., Pujiastuti H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73.

Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 12-17.

Azizah, R., dkk. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. JPFA (Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya), 5(2), 44-50.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal BASICEDU, 5(4), 2384-2394.

Kartikasari, A. & Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Game Moou Train Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Untuk Siswa Kelas III SD. JPGSD, 6(2), 36-46.

Khairoh, L., dkk. (2014). Pengembangan buku cerita IPA terpadu bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan pada tema pencemaran lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2), 519-527.

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119-125.

Megalina, dkk., (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Pokok Gelombang Mekanik. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 7(1), 1-7.

Nabilah, V., Rosdiana, L., & Purnomo, A., R. (2021). Efektivitas Strategi Mind Mapping Terhadaphasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Pensa E-Jurnal Pendidikan Sains, 9 (1), 133-138.

Nur'azni. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika berbahasa Kaili pada Materi Besaran Fisika dan Pengukurannya. Media Eksakta, 17(1), 28-34.

Nurmaulidina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi 3D Scratch pada Materi Gelombang Cahaya Kelas 11 SMA. Skripsi, Universitas Indraprasta PGRI.

Rivai, A., Astuti, I. A. D., Okyranida, I. Y., & Asih, D. A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls. Journal of Learning and Instructional Studies, 1(1), 9-16.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87-102.

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304-315.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License