Pengaruh Kemandirian, Self-Efficacy Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Diskrit
Abstract
Perkuliahan daring yang sudah berlangsung selama empat semester di Universitas Indraprasta PGRI, telah memberikan pengaruh pada proses dan hasil perkuliahan mahasiswa. Beberapa unsur penting perlu dipertahankan mahasiswa di tengah perkuliahan daring ini agar hasil belajar tetap maksimal, diantaranya kemandirian, self-efficacy dan motivasi belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah unuk mengetahui secara parsial pengaruh kemandirian, self-efficacy dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar matematika diskrit dan untuk mengetahui secara simultan pengaruh kemandirian, self-efficacy dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar matematika diskrit. Sampel penelitian dipilih secara acak dari populasi mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil mata kuliah matematika diskrit semester gasal 2021/2022. Terpilihlah 345 orang mahasiswa sebagai objek penelitian. Data penelitian diperoleh dari angket kemandirian, self-efficacy, motivasi belajar dan nilai akhir mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kemandirian dan self-efficacy mahasiswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika diskrit dan secara simultan variabel kemandirian, self-efficacy dan motivasi belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika diskrit mahasiswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Altun, S., & Erden, M. (2013). Self-regulation based Learning Strategies and Self-efficacy Perceptions as Predictors of Male and Female Students’ Mathematics Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 2354–2364. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.270
Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. In IAIT PRESS (First Edit). IAIT Press.
Bandura, A. (Stanford U. (1997). Self-Efficacy in Changig Societies (A. (Stanford U. Bandura (ed.); First Edit). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1109/EVER.2017.7935960
Hasmatang. (2000). Pentingnya Self Efficacy pada Diri Peserta Didik The Importance of Self Efficacy in Student ’ s Self. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 1, 296–298.
https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10568/6190
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Kvedere, L. (2014). Mathematics Self-efficacy, Self-concept and Anxiety Among 9 th Grade Students in Latvia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2687–2690. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.636
Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949
Lestari, W. (Unindra P. J. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Liu, X., & Koirala, H. (2009). The Effect of Mathematics Self-Efficacy on Mathematics Achievement of High School Students. NERA Conference Proceedings 2009, 10–22. http://digitalcommons.uconn.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1029&context=nera_2009
Lunenburg, F. C. (Sam H. S. U. (2011). Self-efficacy theory: Implications for the occupational health nurse. International Journal of Management, Business, and Administration, 14(1), 552–557. https://doi.org/10.1177/216507999103901202
Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Tehadap Prestasi Belajar Matematiak. Formatif, 6(1), 73–84.
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective. In The University of North Carolina at Greensboro (Sixth Edit). https://doi.org/10.1007/BF00751323
Sucipto dan Hatip, A. (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ( S TUDI K ASUS M AHASISWA P RODI P ENDIDIKAN M ATEMATIKA FKIP U NIVERSITAS D R . S OETOMO ). Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 1–6.
Sugiyo, Q. A., & Abadi, A. P. (2019). Konsep Dan Peran Motivasi Dalam Belajar Matematika. Sosiomedika, 1(mei), 957–961.
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022
Wigfield, A. (University f M. and J. S. E. (University of M. (2000). Expectancy-Value Theory of Achievement Motivation. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 68–81. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1015
Yuliyani, R. (2017). Peran Efikasi Diri-Self-Efficacy Dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif, 7(2), 130–143.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |