Pengembangan FLIPBOOK Berbasis Discovery Learning Berbantu Canva Pada Materi Usaha Dan Energi

Nurhikmah Fitriani, Indica Yona Okyranida, Luluk Setyowati Setyowati

Abstract


Teknologi informasi cepat berkembang dalam berbagai aspek termasuk dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan smartphone, laptop, komputer agar proses pembelajaran berjalan baik. Hasil wawancara dengan guru fisika kelas X didapatkan bahwa pemberian materi yang diberikan melalui aplikasi yang dibuat sekolah, google classroom, zoom, meet, power point serta PDF yang terbilang sudah biasa, serta guru menjadi sumber belajar utama untuk siswa. Dari hasil angket siswa kelas X diperoleh informasi bahwa siswa belum pernah menggunakan modul fisika berbasis discovery learning dengan android, serta fisika merupakan pembelajaran yang sulit terutama pada materi usaha dan energi. Guru dan siswa mengharapkan adanya inovasi pada media pembelajaran fisika demi mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari Pengembangan FLIPBOOK berbasis discovery learning berbantu canva pada materi usaha dan energi, serta mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE sampai tahap implementation. Hasil penelitian ini memperoleh skor rata-rata validasi sebesar 86,50% oleh ahli media 82%, ahli materi 85%, ahli bahasa 81% dan praktisi pendidikan 98% dengan kategori “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, sudah dilakukan implementasi kepada 28 siswa dan memperoleh skor rata-rata respon siswa sebesar 92% dengan kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Anggeraeni, R. W., Okyranida, I. Y., & Setyowati, L. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Berbantuan PhET Simulation Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan Kelas X SMA. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 3(1), 32-41.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.

Dasmo, D., Astuti, I.A. D., dan Nurullaeli, N. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Leraning Berbasis Android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 22-28.dan pendidikan fisika, 4(1).

Kun, P. Z. (2013). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal. In Prosiding: seminar nasional fisika

Lijana, L., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2020). Respon siswa terhadap media pembelajaran komik pada materi ekologi di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3).

Linda. (2018). Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA/MA. (Skripsi). Thesis (Diploma), UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Moreno, L. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Vii SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal, 2 (6), 1401-1428.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 3(1), 171-210.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Wiyoko, T., Sarwanto, S., & Rahardjo, D. T. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif Untuk Kelas XI SMA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 11-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License