Peran Pembelajaran Online Berbasis Whatsapp Dalam Menumbuhkan Disposisi Matematis Pada Mata Kuliah Analisa Real

Condro Endang Werdiningsih

Abstract


Artikel ini merupakan hasil literature review terkait kemampuan disposisi matematis dalam pembelajaran matematika. Artikel ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang kemampuan disposisi matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif cara dalam hal membangun kemampuan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penulisan artikel ini berupa uraian definisi disposisi matematis, uraian indikator disposisi matematis, dan uraian upaya menumbuhkembangkan disposisi matematis pada diri mahasiswa melalui pembelajaran Online berbasis Whatsapp. Dengan hasil tersebut diperoleh ujung yang tajam bagaimana caranya dosen dapat menanamkan disposisi matematis pada siswa di setiap rangkaian pembelajaran matematika. Melalui artikel dapat disimpulkan bahwa dosen dalam pembelajaran matematika harus dapat mencerminkan berbagai karakteristik disposisi matematis untuk dapat diteladani oleh mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aji, S. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Layanan Pesan Instan Whatsapp Sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Efek Rumah Kaca Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Purwokerto. (Intergovernmental Panel on Climate Change, Ed.), Univesitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9 781107415324.004

Barhoumi, C. (2015). The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activty Theory on Students’ Knowldege Management. Contemporary Educational Technology, 6(3), 221–238.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, VI, 99– 105.

Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2): 194-202.

Databoks. (2019). Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia? | Databoks. Retrieved October 14, 2019, fromhttps://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna mediasosialindonesia

Hakim, Arif Rahman. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. DPNPM (555-565).

Hendriana & Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v 8i1.706

Pranajaya, & Wicaksono, H. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (WA) di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di Mts Al Muddatsiriyah dan Mts Jakarta Pusat). In Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora (pp. 98–109). unisba.ac.id. Retrieved from http://proceeding.unisba.ac.id /index.php/sosial/article/view /808.

Pustikayasa, I Made. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran (WhatsApp Group As Learning Media). Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu P-ISSN : 2302-9102 Volume 10 Nomor 2 (2019) hal 53-62 E-ISSN : 2685-7198 DOI: 10.36417/widyagenitri.v10i2.281.

Septian, Ari. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Matakuliah Analisis Real. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2), 179-188.

Syaban, Mumun. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Educationist. Vol III (2), 130-136.

Utomo, S. W., & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(02), 199–211.

Wardani, S. (2008). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Bandung: Disertasi UPI Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License