Media Analisis dan Simulasi Gaya Magnetik Pada Kawat Sejajar Berarus Listrik Berbasis MATLAB
Abstract
Dunia pendidikan merupakan salah satu lini yang tidak luput dari dampak pandemi covid-19. Proses belajar mengajar yang dulunya cenderung dilakukan secara luring, ketika terjadi pandemi dilakukan secara daring atau blended learning. Proses belajar mengajar tersebut mendorong mahasiswa untuk dapat belajar secara mandiri agar hasil pembelajaran optimal. Belajar secara mandiri menjadi tantangan tersendiri dalam mata kuliah fisika dasar pada pokok bahasan gaya magnetik. Inovasi media pembelajaran diperlukan sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman konsep gaya magnetik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media analisis dan simulasi gaya magnetik pada kawat sejajar berarus listrik berbasis MATLAB. Algoritma perhitungan gaya magnet pada kawat sejajar berarus listrik ditulis dalam bahasa pemograman MATLAB yang ditampilkan dalam bentuk Graphical User Interface (GUI). Analisis menggunakan media ini dapat dilakukan secara cepat dengan akurasi perhitungan yang tinggi. Media analisis dan simulasi yang dibuat peneliti, selain dilengkapi simulasi dalam bentuk video juga diberi fitur tambahan berupa pembahasan contoh soal. Media ini dapat menjadi salah satu inovasi media pembelajaran yang menunjang proses belajar mandiri sekaligus sebagai contoh penerapan GUI MATLAB dalam pembelajaran fisika kepada mahasiswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225–240.
Muzakki, A., Buditjahjanto, I. G. P. A., Rijanto, T., & Widodo, A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis GUI MATLAB untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer. Prosiding Semnas PPM 2018, 1(1), 176-184. http://prosiding.lppm.unesa.ac.id/index.php/semnasppm2018/article/view/20
Nurullaeli. (2022). Media Analisis dan Simulasi Gerak Menggelinding di Bidang Datar Berbasis MATLAB. Prosiding Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 6 (1), 845-851. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5817
Pateda, A. B., Kendek, Y., & Saehana, S. (2015). Analisis Pemahaman Konsep Magnet Mahasiswa Calon Guru Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 13-17.
Sari, S. Y., Syahra, N., & Husna, H. (2014). Pengembangan Handout Fisika Dasar Berbasis Konstruktivitas Pada Materi Dinamika. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 1(1), 1-8.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |