Pengembangan E-Modul Praktikum Crocodile Physics Berbasis POE pada Materi Induksi Elektromagnetik

Yulika Rahmawati, Neng Nenden Mulyaningsih, Endang Suhendar

Abstract


Fisika merupakan salah satu dari cabang Ilmu Pengetahuan Alam, umumnya mempelajari dan menganalisis secara kuantitatif pada fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Pemahaman konsep fisika di setiap materi membuat peserta didik perlu melakukan praktikum. Praktikum virtual menjadi solusi dalam pembelajaran jarak jauh yang didampingi dengan e-modul praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan produk e-modul praktikum Crocodile Physics berbasis POE pada materi induksi elektromagnetik. E-modul praktikum ini disajikan dalam bentuk flipbook yang dapat diakses secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) yang dikembangkan dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, and Disseminate), namun hanya sampai tahap development pada uji kelayakan produk. E-modul praktikum Crocodile Physics berbasis POE pada materi induksi elektromagnetik diuji kelayakan menurut ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan. Hasil uji kelayakan terhadap e-modul praktikum Crocodile Physics berbasis POE pada materi Induksi Elektromagnetik memperoleh persentase rata-rata ahli materi sebesar 88,9% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 86,1% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 88,5% dengan kategori sangat layak, dan praktisi pendidikan sebesar 92,7% dengan kategori sangat layak. Jadi, hasil rata-rata persentase menurut empat ahli memperoleh sebesar 89,1% dan menyatakan sangat layak sebagai media pendamping kegiatan praktikum.

Full Text:

PDF

References


Gumrowi, A. (2016). Meningkatkan hasil belajar listrik dinamik menggunakan strategi pembelajaran team assisted individualization melalui simulasi crocodile physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 105-111.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Hidayah, A., & Yuberti, Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses belajar fisika siswa pokok bahasan suhu dan kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21-27.

JH, T. S. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51-61.

Prasetyo, R. I., Hidayat, N., & Dimas, A. (2019). Studi Literature Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain). In Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 704-710).

Rizal, A., Adam, R. I., & Susilawati, S. (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Fisika Osilasi. Jurnal Online Informatika, 3(1), 55-60.

Sari, E. A., Kurniawan, E. S., & Ashari, A. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Computer Based Laboratory (CBL) Pada Kegiatan Praktikum Mekanika dan Gelombang Fisika SMA. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 37-41.

Sidik, R., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2021). Development of Predict-Observe-Explain (POE)-Based Physics Module by Utilizing QR Code and YouTube Learning Videos. NUCLEUS, 2(2), 54-61.

Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License