PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Dewy Rahma Gita, Maria Dewati, neng nenden Mulyaningsih

Abstract


Pembelajaran fisika pada saat ini, cenderung mengabaikan keterampilan pemecahan masalah, sehingga pelajaran fisika disekolah dianggap sulit oleh siswa. Kesulitan tersebut dikarenakan tidak terdapat bahan ajar yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah siswa secara mandiri. Melihat kondisi yang terjadi, pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran e-modul fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa, agar dapat digunakan siswa dalam belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis problem based learning (2) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan e-modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA HANURA BOGOR pada kelas XI MIPA dengan jumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D. Produk ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi berturut-turut diperoleh rata–rata nilai 3,27, 3,75 dan 3,70 dengan kategori “sangat layak”. Keefektifan e-modul yang telah dikembangkan dilihat berdasarkan skor n-gain diperoleh rata-rata nilai 0,55 dengan kategori “sedang”. Hasil uji respon siswa diperoleh skor rata-rata total 3,50 dengan kategori “sangat menarik”. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. 

Full Text:

PDF

References


Fadilah, L. N., & Sulistyowati, H. (2022). Keefektifan dan Respon Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar e-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Corporate. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4014-4024.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191.

Khotim, H. N., Nurhayati, S., & Hadisaputro, S. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah Pada Materi Asam Basa. Chemistry in Education, 4(2), 63-69.

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17-24.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), 3(1), 49-63

Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Sidik, R., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2021). Development of Predict-Observe-Explain (POE)-Based Physics Module by Utilizing QR Code and YouTube Learning Videos. NUCLEUS, 2(2), 54-61.

Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-117.

Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46.

Waki’ah, W. N., Ruhiat, Y., & Utami, I. S. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Siswa SMA Kelas X.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License