Pengembangan Modul Multimedia Terintegrasi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Fisika

Esti Muzayyanah, dandan luhur saraswati, Luluk Setyowati Setyowati

Abstract


Tuntutan pembelajaran abad 21 mengedepankan keterampilan dalam proses pembelajaran. Tuntutan ini harus ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran yang cocok.  Akan tetapi, media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berbentuk buku teks saja. Berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan awal pada beberapa sekolah SMA di Kabupaten Tangerang, 79% peserta didik sangat menginginkan media pembelajaran yang lebih bervariasi dalam pembelajaran fisika. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan modul multimedia terintegrasi pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul multimedia terintegrasi sebagai media pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah R&D dengan model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul multimedia terintegrasi menunjukkan rata-rata skor keseluruhan dari para ahli dengan presentase sebesar 91.5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut, modul multimedia terintegrasi berbasis inkuiri terbimbing pada materi fisika sangat layak untuk digunakan dalam proses pengembangan selanjutnya. 

Full Text:

PDF

References


Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 1(1).

Bawamenewi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi “Aku” Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 310-323.

Fahmi, R., Aswirna, P., Amelia, R., & Nurhasnah, N. (2021). Pengembangan e-learning menggunakan model inquiry terbimbing berbantuan aplikasi Edmodo terhadap keterampilan abad 21 peserta didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 7(1), 62-74.

Febrianti, R. P., Okyranida, I. Y., & Saraswati, D. L. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 147-154.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.

Juhji, J. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58-70.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111.

Patrira, B. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Genius Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X IPA SMA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Saraswati, D. L. (2020). Pengembangan modul praktikum fisika dasar berbasis inquiry leraning tipe terbimbing untuk mahasiswa pendidikan matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Sari, R. T. M., Mahardika, I. K., & Indrawati, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Representasi Verbal Materi Gerak Lurus Siswa Di SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 8(1), 12-16.

Sidik, R., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2021). Development of Predict-Observe-Explain (POE)-Based Physics Module by Utilizing QR Code and YouTube Learning Videos. NUCLEUS, 2(2), 54-61.

Sulistiyono, S. (2021). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika siswa ma riyadhus solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61-73.

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156-172.

Trinawindu, I. B. K., Dewi, A. K., & Narulita, E. T. (2016). Multimedia Interaktif untuk Proses Pembelajaran. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 19(23), 35-35.

Wulandari, A. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Qr Code Pada Materi Optik (Skripsi, Universitas Indraprasta PGRI).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License