Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Termodinamika

Mia Yunita Sari, Indica Yona Okyranida, Huri Suhendri

Abstract


Fisika merupakan pelajaran yang dinilai sulit. Selain banyaknya rumus, buku pelajaran yang tersedia terkadang kurang mampu menjelaskan keseluruhan dari materi yang harusnya dipelajari. Hal itu memicu siswa lebih memilih menggunakan gadgetnya ketika belajar, ditambah dengan pemberlakuan sistem pembelajaran bergilir selama pandemi, penggunaan gadget dalam proses belajar pun semakin meningkat. Berdasarkan hal tersebut agar proses pembelajaran tetap terlaksana dengan baik maka diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran, seperti dengan memanfaatkan penggunaan gadget. Media pembelajaran berupa aplikasi berbasis android dapat tersaji secara digital sehingga dapat diakses pada gadget masing-masing setiap saat serta lebih praktis dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis android dalam bentuk aplikasi yang dikembangkan  dengan  menggunakan software iSpring Suite pada materi termodinamika serta mengetahui respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE sampai tahap implementation. Hasil penelitian ini mendapatkan skor rata-rata sebesar 84% oleh ahli media, 83,59% oleh ahli materi, 87,27% oleh ahli bahasa, dan 96,44% oleh praktisi pendidikan, yang masing-masingnya masuk pada kriteria “Sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, sudah dilakukan implementasi kepada 30 siswa dan mendapatkan skor rata-rata respon siswa sebesar 94,44% dengan kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Bagus Tri, M. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEB DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, 9(2), 30-39.

Dasmo, D., Astuti, I. A. D., & Nurullaeli, N. (2017). Pengembangan pocket mobile learning berbasis android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 71-77.

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).

Juraev, A. R. (2019). Using The Ispring Sui Using The Ispring Suite Software To Evaluate Future Te Future Teachers' Professional Competencies. Central Asian Problems of Modern Science and Education. 4(2): halaman 752-759.

Luthfiani, I., Dua, K. M., Sari, Y. M., & Mukhzalifah, R. (2021). Pengembangan Modul Berbantu Flipbook Maker Sebagai Sumber Praktikum Fisika Kelas X Berbasis Android (Powerpoint). Scrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2).

Mawarni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP.

Ngussa, B. M. (2014). Application of ADDIE model of instruction in teaching-learning transaction among teachers of mara conference adventist secondary schools, tanzania. Journal of Education and practice, 5(25), 1-11.

Ridwan, R., Adnan, A., & Bahri, A. (2018). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Nilai Iman dan Taqwa pada Siswa MA Kelas XI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Yoshua, R., Okyranida, I. Y., & Saraswati, D. L. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Pemanasan Global. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 3(1), 72-79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License