Analisis Pemahaman Konsep Kimia Pada Pembelajaran di Era Corona

Anik Pujiati, Retariandalas Retariandalas, Kasih Haryo Basuki

Abstract


Pada pembelajaran secara daring pemahaman konsep masih menjadi perhatian besar bagi para pendidik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep kimia pada pembelajaran online dengan dua pendekatan model pembelajaran yang berbeda. Penelitian dilaksanakan pada perkuliahan Kimia Dasar semester gasal khususnya pada materi asam basa. Teknik sampling yaitu purposive yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas dengan model project based learning dan kelas model tutorial youtube. Penelitian menggunakan desain pretest-postest control group design. Teknik analisis data dimulai dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas dilanjutkan dengan analisis uji t tidak berpasangan selain itu dihitung juga N-gain dan efektifitasnya Effect Size (ES). Dengan analisis uji hipotesis perbedaan dua rata-rata. Hasil uji hipotesis dengan bantuan spss sig. < 0,05 atau thitung 2,251 > ttabel 2,032, maka terdapat perbedaan rata-rata antara dua model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran project based learning sedikit lebih baik daripada model tutorial youtube

References


Bao, W. (2020). Human Behav and Emerg Tech - 2020 - Bao - COVID‐19 and online teaching in higher education A case study of Peking.pdf.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Cahyani, N. putu M., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410

Candra, R., Prasetya, A., Pendidikan, R. H.-J. I., & 2019, undefined. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning. journal.unnes.ac.id. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/19562

Devi Herliandry, L., Enjelina Suban, M., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal.Unj.Ac.Id, 22(1). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Khumaeroh, N., & Sumarni, W. (2019). Students’ Creativity And Knowledge On Acid-Base Topic Through The Application Of Project-Based Learning With Teri Puter Creative Products. Edusains, 11(2), 203–212. https://doi.org/10.15408/es.v11i2.11494

Pujiati, A., & Patimah, F. (2021). Evaluasi Pemahaman Konsep Kimia Di Masa Pandemi Dengan Bantuan Quizizz. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 279–282. Retrieved from http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5353

Rahayu Rahman, S. (n.d.). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81–91. Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/index.php/RLJ

Sumarni, W. (2013). The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project Based Learning: A Review. International Journal of Science and Research (Vol. 4). Retrieved from www.ijsr.net


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License