Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pada Materi Listrik Dinamis

Dwi Aprillia Setia Asih, Titin Supriyatin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan literasi sains mahasiswa pada materi listrik dinamis. Teknik pengambilan sampel akan dilakukan dengan menggunakan metode cluster random sampling di gunakan untuk mengambil kelas yang akan dijadiakan sampel penelitian dan seluruh mahasiswa anggota kelas yang dijadiakan sampel penelitian adalah subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah alat tes kemampuan literasi sains yang dikembangkan penulis dengan acuan indikator yang tertuang dalam pengembangan alat tes TOSLS (Test of scientific Literacy Skills) oleh Gormally et al., (2011). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai presentase skor rata-rata tiap indikator kemampuan literasi sains mahasiswa antaralain: 1) Indikator memahami metode inkuiri yang mengarah pada pengetahuan ilmiah yaitu 33,48%, yang berarti kemapuan literasi sains mahasiswa dalam memahami metode inkuiri yang mengarah pada pengetahuan ilmiah masih rendah, 2) Indikator mengorganisasikan, menganalisis dan menginterpretasikan data kuantitatif dan informasi ilmiah yaitu 60,26%, yang berarti kemapuan literasi sains mahasiswa dalam mengorganisasikan, menganalisis dan menginterpretasikan data kuantitatif dan informasi ilmiah sudah baik

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Gormally, Cara., Peggy Brickman., Mary Lutz. (2012). Developing a Tests of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates Evaluation of Scientific Information and Argument. CBE-Life Science Education. 11:364- 377

Rustaman, N. Y. 2004. Literasi Sians Anak Indonesia 2000 & 2003. Makalah Literasi Sains 2003.

Salamon. 2007. Scientific Literacy in Higher Education. Tamarat Teaching Professorshing: University of Calgary.

Toharudin, et.al. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Treacy, Daniel J., Collins, Melissa S. Kosinski. (2011). Using the Writing and Revising of Journal Articles to Increase Science Literacy and Understanding in a Large Introductory Biology Laboratory Course.Atlas Journal of Science Education. 1(2): 29-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License