Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar IPA

Gunaria Siagian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Sosiodrama terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas VII di SMP Methodist Pematangsiantar pada pokok bahasan ciri-ciri mahluk hidup. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis adalah metode eksperimen, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk uji beda rata-rata, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas menggunakan uji Chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Berdasarkan analisis persyaratan data menggunakan rumus Chi-kuadrat didapat X2hitung ≤ X2tabel atau 5,75 < 9,49 adalah distribusi normal. Sedangkan untuk pengujian homogenitas di dapat X2hitung ≤ X2tabel atau 1,66 < 3,84 adalah homogen. Berdasarkan dari pengujian hipotesis untuk daya beda rata-rata yang dilakukan dengan menggunakan uji-t, maka didapat tabel nilai t dengan taraf signifikan 0,05 untuk dk = 48 adalah 1,6787, sedangkan hasil t hitung diperoleh 7,23. Karena thitung lebih besar dari ttabel (7,23 > 1,6787), maka hipotesis HO ditolak, dengan demikian H1 diterima. Berdasarkan analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran Sosiodrama lebih tinggi bila di bandingkan dengan peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII SMP Methodist Pematangsiantar

References


Arikunto, S. (2012). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Bahri, S Cipta.Purwanto, Ngalim, M. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyanti, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, Dri Esti Wuryani. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Syaiful, Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinekacipta.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna pembelajaran Untuk Membantu memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. . Bandung: Alfabeta.

Samatowa, H. d. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Index.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License