Pengaruh Pelatihan Digital Terbimbing Terhadap Kompetensi Guru IPA Di SMP Negeri Kota Bekasi

Zakiah Fithah A’ini, Ardhi Dinullah Baihaqie, Zuhana Realita Alfy

Abstract


Berdasarkan data UNESCO yang dirilis oleh Global Education Monitoring (GEM) tahun 2016pendidikan di Indonesia berada pada peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang dan komponen guru berada pada urutan ke-14 dari 14 negara berkembang di dunia, melalui data tersebut terlihat rendahnya kompetensi guru di Indonesia. Berbagai program pelatihan telah diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta, namun belum diketahui dampak nyata terhadap kompetensi guru, khususnya guru IPA SMP Negeri Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pelatihan digital terbimbing terhadap kompetensi guru IPA di SMP Negeri Kota Bekasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan SEM PLS. Subjek penelitian adalah guru-guru IPA di SMP Negeri Kota Bekasi yang telah mendapatkan pelatihan digital terbimbing pada tahun 2020, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Kuesioner diberikan dalam bentuk google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan digital terbimbing berpengaruh terhadap kompetensi guru IPA SMP Negeri di Kota Bekasi yaitu pengetahuan, keahlian, dan sikap. Namun, belum sepenuhnya diimplementasikan dalam proses mengajar, terlihat dari bahan ajar yang masih menggunakan buku cetak dan media sosial.

References


Arlitasari O, Pujiayanto, Budiharti R. (2013). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1): 81-89.

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

BNSP. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Gomes, Faustino Cardoso. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Press.

Dessler, Garry. (2017). Human Resource Management. USA: Pearson Education.

Hamali, Arif Yusuf. (2016) Pemahaman SUmber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Jogiyanto. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis: Yogyakarta: Andi Offset.

Lubis, KA. (2008). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai PT Perkebunan Nusantara IV Medan. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Medan: USU.

Masadeh, Mousa. (2012). Training, Education, Development and Learning: What is the Difference?. Europan Scientific Journal, Vo. 8, No.1.

Noe, Raymond A., John R. Hollenbeck., Barry Gerhart and Patrick M. Wright. (2011). Fundamentals of Human Resource Management. Newyork: McGraw Hill.

UNESCO. (2016). Educational as global public good. The Global Educational Monitoring. http://www.unesco.org/new/en/education/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License