Analisis Tipe Berpikir Mahasiswa Berdasarkan Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots

Maimunah Maimunah, Finata Rastic Andrari, Nurmala Dewi Qadarsih

Abstract


Upaya peningkatan hasil pembelajaran dan kemampuan berpikir sejalan dengan tujuan kemendikbud dengan adanyaperubahan sistem dalam pembelajaran yang pada pelaksanaannya mengharuskan pendidik untuk mengetahui sejauh mana hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaiankeberhasilantersebutdapatdilihatdarikemampuan berpikirtingkattinggi (HOTS). Evaluasi juga harus dilakukan pada metode pembelajaran dan gaya belajar siswa yang beragam untukmengetahuipencapaiankemampuanberpikirtingkattinggi,yaknidenganmelihat tipe berpikir dalam menyelesaiakan soal HOTS dalam pembelajaran yang telahdilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tipe berpikir siswa bergayabelajar visual, auditori dan kinestetik dalammenyelesaikansoalmatematikatipeHOTS.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptif kualitatif dengan subyek sebanyak 6 orang yang terdiri dari subyek dengan gaya belajarvisual,auditori,dankinestetikyangmasing-masingdiwakilioleh2orang.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahreduksidata,penyajiandata,danpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa: 1) Tipe berpikir siswa dengan gaya belajar visual memiliki kecenderunganpadaindikatortipeberpikir semi konseptual.2)Tipeberpikirsiswadengangayabelajarauditorimemilikikecenderungan pada indikator tipe berpikir konseptual, dan 3) Tipe berpikir siswa dengan gayabelajarkinestetikmemiliki kecenderunganpadaindikatortipeberpikirkonseptual.

Full Text:

PDF

References


A, Komarudin. (2015) Analisis Tipe Berpikir dengan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015 pm-139, No. ISBN 978-602-73403-0-5

Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Firdaus, T. (2019). What is the student response to using the weblogs for learning resources ?. Journal of Physics: Conference Series 1157 (p. 32012). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032012

Cahyo, Andy Nur & Setianingsih, Rini. (2013). Tipe Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMPN 1 Pacet. MathEdunesa Vol 2 No. 3 e-issn: 2685-7855 p-issn: 2301-9085

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. (2015). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Editor Alawiyah Abdurrahman. Bandung: Mizan Media Utama (MMU).

Gunawan, Adi. W. (2012). Genius Learning Strategy, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ilman, Muhammad. (2012). Proses Berpikir Siswa Kelas V Dalam Pecahan Di Sekolah Dasar

Khadijah Surabaya. Gamatika II, no. 2

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Penulisan Soal SMP/MTs Tahun 2017.

Kurniawan, A. (2018). Mentodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: PT Remaja Rosdakarya.

Kusumo, Muhi. H. Mega Suliani. (2020). Identifikasi Tipe Berpikir Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika. Mandalika Mathematics and Education Journal. Vol 2 No.2 e-ISSN 2715-1190 p-ISSN 2715-8292

Purbaningrum, Kus Andini. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika 10, no. 2. Pusat Penilaian Pendidikan

Subini, Nini. (2011). Rahasia Gya Belajar Orang Besar. Yogyakarta:PT Buku Kita

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syofyan, Harlinda & Yulianti (2017). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call For Papers Unisbank Ke-3 (Sendi_U 3) 2017 Isbn: 9-789-7936-499-93

Wahab, Rohmalia. (2015). Psikologi Belajar. Palembang: PT. Rajagrafindo Persada.

Wardiana, Uswah. (2014). Psikologi Umum. Editor P3M STAIN Tulungagung. Tulungagung: PT. Bina Ilmu.

Widana, I Wayan. (2017) Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOT). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Pirektorat Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2017.

Winarso, Widodo. (2014) Membangun Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktifm Deduktif, dan Deduktif-Induktif dalam Pembelajaran Matematika. Eduma Mathematics Education Learning and Teaching. Vol 3. No. 2 ISSN 2502-5309


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License