Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Physic Station Pada Materi Pengukuran Untuk Siswa SMA/MA

Islami Dini Hidayati, Kintari Ilma Salsabilla, Nabila Alfiyyah, Indica Yona Okyranida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoly physicstion pada materi pengukuran untuk siswa SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan penyebaran (desimination). Penelitian ini dikembangkan sampai tahapan design. Teknik pengumpulan data yaitu melalui angket yang diisi oleh para ahli validasi media dan materi. Berdasarkan angket yang telah diisi oleh ahli materi produk ini dalam kategori sangat baik pada 10 aspek penilaiannya serta untuk produk ini tidak ada revisi dan dapat dikembangkan lebih baik, sedangkan untuk ahli media memberikan penilaiandengan aspek sangat baik pada 4 aspek penilaian media dan baik untuk 6 aspek penilaian media serta memberikan saran agar pada kartu kuis dapat ditambah sejumlah pertanyaan lagi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Kota Depok : PT RAJOGRAFINDO Persada.

Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 12-17.

Haya et al. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran GASIK (Game Fisika Asik)untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1) , 11.

Peranti, Andik Purwanto, dan Eko Risdianto. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan MOFIN (Monopoli Fisika Sains) pada siswa SMA Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41 - 48.

Ramadhani, nendy, Sri Wahyuni, dan Rif’ati Dina Handayani. (2016). Pengembangan Media Educational Game “Monopoli Fisika Asik (Mosik)” Ipa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 235 - 245.

Rohmanet al. (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas VI SDN TANAMERA I. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License