Dampak Media WhatsApp Group Terhadap Minat Belajar Peserta Didik

Dwi Dani Apriyani, Erlando Doni Sirait

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya dampak dari pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp Group terhadap minat belajar peserta didik khususnya dalam pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data angket dengan jumlah 7 soal tentang media WhatsApp Group dan angket minat belajar peserta didik berjumlah 10 soal. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik SMP swasta dengan jumlah sampel 32 peserta didik. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media WhatsApp Group sebagai media belajar terhadap minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika. Media WhatsApp Group menjadi sebuah wadah untuk guru menyampaikan materi kepada peserta didik. Penyampaian materi yang didukung dengan video dan penjelasan yang baik akan menumbuhkan minat belajar matematika pada peserta didik. Dengan tertariknya para peserta didik terhadap pelajaran akan mendorong keaktifan dan kemauan belajar matematika pada peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Andi, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Andi Rustandi, Asyril, N. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android di SMK Teknologi Informasi Samarinda. Jurnal Fasilkom, 10(3), 297–300. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JIK/article/download/2274/1333

Fathuroji, A., Affandi, A., & Munjiat, S. M. (2021). Efektivitas WhatsApp Group dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik pada Pembelajaran PAI di SMKN 2 Kota Cirebon. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 38–49. https://doi.org/10.32489/alfikr.v7i1.121

Hidayatullah, Gusniwati, B. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs YASRIB BATU-BATU PADA MASA COVID-19. Pi:Mathematics Education Journal, 4(1), 1–9.

irwandi dkk. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4, 166–174.

Khasanah, K., Muhlas, M., & Marwani, L. (2020). Development of E-Learning Smart Apps Creator (Sac) Learning Media for Selling Employees on Paid Tv. Akademika, 9(02), 129–143. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.819

Laelasari, I., & Dewi, N. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian, 14(2), 249. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8447

Mu’minah, I. H. dan, & Sugandi, M. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Group Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bio Educatio, 6, 68–81. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/3032/2218

Mustami, S. S., Paridjo, P., & Utami, W. B. (2021). Efektivitas pembelajaran melalui WhatsApp Group terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 175–186. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6827

Nur, H. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik (Studi Kasus di MI Ma’ruf Ngrupit). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 406–419.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Qomariyah, S. (2020). Dampak Aplikasi WhatsApp Terhadap Atensi Belajar Peserta Didik di MTs Nahdlatul Ulama Mranggen Pada Kelas IX.

Ratnasari, D., Ponoharjo., & Utami, W. B. (2020). Penerapan aplikasi whatsapp terhadap minat dan prestasi peserta didik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 6(2), 129–138.

Ricu, S. (2019). PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP DALAM PENGIMPLEMENTASIAN NILAI-NILAI KARAKTER PANCASILA PADA ERA DISRUPSI. PUTERI HIJAU: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, August, 145–154.

rifnida, abdulloh, E. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Peserta didik pada masa COVID-19. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Peserta didik Pada Masa COVID-19, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Setyana Hutami, M., Nugraheni, A. S., Sunan, U., Yogyakarta, K., & Kidul, W. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran COVID-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107

Sijabat, A., Sianipar, H. F., & Siahaan, T. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Peserta didik Pendidikan Fisika Uhkbpnp Pada Matakuliah Fisika Umum. The 2st National Conference on Education, Social Science, and Humaniora “Potensi Penelitian Dan Pengabdian Di Era New Normal" Mataram, 29 Desember 2020 LITPAM, Indonesia, 84–88.

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp ? Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 1–25.

Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 243.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License