Pengaruh Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) dan Komunikasi Matematika Terhadap Penguasaan Konsep Matematika

Mira Gusniwati, Eva Yuni Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Reading Comprehension (Membaca Pemahaman} dan Komunikasi Matematika terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Hipotesis penelitian ini meliputi: (1) Terdapat pengaruh langsung Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) terhadap Penguasaan Konsep Matematika; (2) Terdapat pengaruh langsung Komunikasi Matematika terhadap Penguasaan Konsep Matematika; (3) Terdapat pengaruh langsung Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) terhadap Komunikasi Matematika; (4) Terdapat pengaruh tidak langsung Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) terhadap Penguasaan Konsep Matematika melalui Komunikasi Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis jalur. Populasi terjangkau adalah siswa- siswi kelas VII tahun ajaran 2021/2022 di MTS Nurrussalam Pondok Pinang. Jumlah sampel 85 siswa dengan teknik total sampling karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan nilai ulangan peserta didik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung Reading Comprehension (Membaca Pemahaman} terhadap Penguasaan Konsep Matematika; (2) Terdapat pengaruh langsung Komunikasi Matematika terhadap Penguasaan Konsep Matematika; (3) Terdapat pengaruh langsung Reading Comprehension (Membaca Pemahaman} terhadap Komunikasi Matematika; (4) Terdapat pengaruh tidak langsung Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) terhadap Penguasaan Konsep Matematika melalui Komunikasi Matematika.

Full Text:

PDF

References


Krismanto, Wayan, dkk.(2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metodologi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQBR) pada peserta didik kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol(5), 235.

Kurniawan. (2006) Siap juara Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: Erlangga.

Larasati., Putri., Mustika (2017). Peningkatan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa SMK Tama Siswa Suka Damai Kabupaten Asahan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Paradikma, Vol (8), 3.

Nurgiyantoro, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiyoko. (2016). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Pengasih. Hal. 8.

Somadyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumarmo, dan Surya, E., (2013.) Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievment (STAD). Jurnal Paradikma Pendidikan Matematika. 7(1).

Supardi U.S .(2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Tim PLPG. (2009). Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Bidang Diklat Matematika SMP. Medan: UNIMED.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License