PEMBELAJARAN ETNOSTEM DALAM MENGAKTIFKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Deni Nasir Ahmad, Giry Marhento, Efri Gresinta, Luluk Setyowati, Aan Risdiana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Etnostem Dalam Mengaktifkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan kajian literatur. Hasil dari penelitian adalah pembelajaran etno-STEM mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif dengan memanfaatkan media pembelajaran di lingkungan dengan pendekatan sains, teknologi, teknik dan matematika. Kesimpulan dari penelitian adalah etno-STEM mendorong peserta didik memanfaatkan media pembelajaran di sekitar guna memperoleh informasi hasil pembelajaran. Dengan pemanfaatan etno dan STEM mendorong peserta didik untuk dapat meningkatkan berpikir kreatif.


References


Ariyatun, A. (2021). Analysis of Ethno-STEM Integrated Project Based Learning on Students’ Critical and Creative Thinking Skills. Journal of Educational Chemistry (JEC), 3(1), 35–44. https://doi.org/10.21580/jec.2021.3.1.6574

Idrus, S. W. Al. (2022). Implementasi STEM Terintegrasi Etnosains (Etno-STEM) di Indonesia: Tinjauan Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2370–2376. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.879

Nurhasnah, nFn, Azhar, M., Yohandri, nFn, & Arsih, F. (2022). ETNO-STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA : A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW Ethno-STEM In Science Learning In Indonesia: A Systematic Literature Review. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 147–163.

Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2020). Pembelajaran Ipa Berbasis Ethno-Stem Berbantu Mikroskop Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Perbatasan. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5435

Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Pengembangan Keterampilan Kolaboratif Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Ethno-Steam Project Konteks Pesapean. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1306. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4586

Rohmantika, N., & Kurniawan, E. S. (2021). Using of Ethno-STEM Based Teaching Materials to Increase the Creativity of Students in Learning Physics. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 129. https://doi.org/10.31258/jgs.9.2.129-138

Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 976–98


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License