PEMBELAJARAN ETNOSTEM DALAM MENGAKTIFKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Etnostem Dalam Mengaktifkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan kajian literatur. Hasil dari penelitian adalah pembelajaran etno-STEM mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif dengan memanfaatkan media pembelajaran di lingkungan dengan pendekatan sains, teknologi, teknik dan matematika. Kesimpulan dari penelitian adalah etno-STEM mendorong peserta didik memanfaatkan media pembelajaran di sekitar guna memperoleh informasi hasil pembelajaran. Dengan pemanfaatan etno dan STEM mendorong peserta didik untuk dapat meningkatkan berpikir kreatif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyatun, A. (2021). Analysis of Ethno-STEM Integrated Project Based Learning on Students’ Critical and Creative Thinking Skills. Journal of Educational Chemistry (JEC), 3(1), 35–44. https://doi.org/10.21580/jec.2021.3.1.6574
Idrus, S. W. Al. (2022). Implementasi STEM Terintegrasi Etnosains (Etno-STEM) di Indonesia: Tinjauan Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2370–2376. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.879
Nurhasnah, nFn, Azhar, M., Yohandri, nFn, & Arsih, F. (2022). ETNO-STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA : A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW Ethno-STEM In Science Learning In Indonesia: A Systematic Literature Review. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 147–163.
Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2020). Pembelajaran Ipa Berbasis Ethno-Stem Berbantu Mikroskop Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Perbatasan. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5435
Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Pengembangan Keterampilan Kolaboratif Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Ethno-Steam Project Konteks Pesapean. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1306. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4586
Rohmantika, N., & Kurniawan, E. S. (2021). Using of Ethno-STEM Based Teaching Materials to Increase the Creativity of Students in Learning Physics. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 129. https://doi.org/10.31258/jgs.9.2.129-138
Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 976–98
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |