Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN JATIRASA III Kota Bekasi

Vena Silviana, Leny Leny, Nur Indah Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence pada materi pecahan di kelas V SDN JATIRASA III. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang memiliki self confidence tinggi mampu memenuhi 4 indikator yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Kemudian, siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang memiliki self confidence sedang mampu memenuhi 2 dari 4 indikator yaitu interpretasi dan analisis. Sementara itu, siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang memiliki self confidence rendah tidak mampu memenuhi seluruh indikator.


References


Dari Jurnal:

Athifah, U., & Khusna, H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self-Confidence dan Gender. PRISMA, 11(1), 265-278.

Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371-378.

Dores, S. P., Jiran, O., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat, 2(2), 242-254.

Herdiana, Y., Marwan, M., & Zubainur, C. M. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qasaladi, 3(2), 23-35.

Isroila, A., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Muharrami, L. K. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal of Natural Science Education Research, 1(1), 1-8.

Jannah, M., & Budiman, I. (2022). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 237-246.

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49-56.

Kusumawati, Herlian D & Aminudin, M. (2019). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika dengan Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kritis sebagai Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa SMA Negeri 1 Unggaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 88-97.

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan Antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 8(1), 58-66.

Pangestu, R. A., & Sutirna, S. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).

Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 401-409.

Wijiasih, A., & Awalludin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri Selama Masa Pandemi COVID-19. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 238-248.

Zanthy, L. S., Alfiyah, N. F., & Rosdianti, I. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 289-295.

Dari Buku:

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Dari Prosiding/Conference:

Dewi, A. A. A., Maharani, H. R., & Ubaidah, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe HOTS Ditinjau dari Self Confidence. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Risah, Y., & Sutrisna. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas Dilihat dari Hasil Belajar pada Materi Trigonometri. Sesiomadika, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 30-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License