Responsif Pemahaman Siswa Kelas VII dan VIII SMP Al-Ihsan terhadap Praktikum Kapal Uap Sederhana

Thiflani Zahrotania, Sulistiani Sulistiani, Ayu Fajri Ramdhaniah, Popi Purwanti

Abstract


Keberhasilan dalam pembelajaran tidak hanya ditunjang oleh kemampuan kognitif siswa, melainkan juga sikap responsif siswa, sikap responsif  merupakan suatu respon positif yang dapat dilihat dari keaktifan, tanggung jawab dan kepekaan siswa, namun banyak peserta didik yang kurang responsif terutama pada pembelajaran sains dikelas. Salah satu upaya agar siswa lebih responsif terhadap pembelajaran sains yaitu dapat dilakukan dengan bantuan media interaktif beruapa alat peraga. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan pengembangan media berupa alat peraktikum kapal uap sederhana untuk membantu siswa memahami terkait materi Hukum Newton III. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Ihsan Bekasi, instrumen penelitian berupa lembar kerja praktikum dan teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa yang terdiri dari 10 pertanyaan, diberikan kepada siswa kelas VII dan VIII yang mengikuti praktikum guna mengetahui respon siswa terhadap praktikum yang sudah dilaksanakan. Dari hasil penerapan, diperoleh hasil rata-rata presentase yang cukup besar yaitu 87% kategori sangat tinggi. Dengan demikian respon siswa terhadap praktikum kapal uap sederhana ini mendapatkan respon yang positif. Alat praktikum ini juga membantu agar siswa tertarik untuk belajar sains dan memahami konsep Hukum Newton III lebih mudah. Selain peningkatan pemahaman, praktikum ini juga berhasil meningkatkan minat siswa terhadap sains. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan minat mereka terhadap sains setelah mengikuti praktikum kapal uap ini.


References


Desy, C., Sipahutar, A., Soesanto, R. H., Matematika, P., Pendidikan, F. I., & Harapan, U. P. (n.d.). Penerapan Metode Diskusi Berbasis Masalah Matematis Dalam Mendorong Sikap Responsif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. 167-169.

Diah, D, Eka., Alfia, F., Dadi, R., Irma Rahma, S., (2022). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Alat Praktikum Digital Gerak Jatuh Bebas Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol.8 No.1.

Faramita, G., Daningsih, E., & Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak, P. (n.d.). Respon Siswa Terhadap Praktikum Pembuatan Bingka Pepaya Submateri Peran Tumbuhan Di Bidang Ekonomi Kelas X SMA. 3-6.

Lestari, M. Y., Nirva, D., (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathemtics Education, 01 (1), 2018, 49-54.

Risma, Mutia., Murtiani., dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Hukum Newton Dikelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, Vol.12 No.1.

Sundaygara, Chandra., Hestiningtyas, Y. P., Muhammad N. H., (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Multi Representasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Pembuaatan Alat-Alat Praktikum Fisika. Momentum: Physics Education Journal, 2 (2), 2018, 86-93.

Timun, M. F., Wariani, T., Aloisia, M., Leba, U., Keguruan, F., Pendidikan, I., Katolik, U., & Mandira-Kupang, W. (n.d.). Hubungan Sikap Responsif Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Redoks.

Wurha, E., Wariani, T., & Tukan, M. B. (2022). Pengaruh Sikap Responsif Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1(1), Page. https://doi.org/10.56248/educatum.v1i1.31

Qamariah, W., Daningsih, E., Pendidikan, Y., Fkip, B., & Pontianak, U. (n.d.). Respons Siswa Terhadap Praktikum Pembuatan Cake Pepaya Pada Submateri Peran Tumbuhan Di Bidang Ekonomi.

Suryawan, A., Binadja, A., & Sulistyorini, S. (2015). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum Bervisi Sets Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Info Artikel. JPE, 4(1).

Cahyani, E. (2022). Laporan Kegiatan Recycle Kapal Uap Sederhana. Semarang. (5 Juli 2023). https://www.studocu.com/id/document/universitas-negeri-semarang/biology/laporan-kegiatan-recycle-auto-recovered/34285360


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License