Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Monopoly Physics Station Dalam Materi Energi Terbarukan Pada Siswa Kelas X SMA/MA

Islami Dini Hidayati, Andry Fitrian, Dasmo Dasmo

Abstract


Sangat penting untuk memiliki media pembelajaran menarik yang dapat meningkatkan minat belajar, kemampuan berpikir, berdiskusi, bersosialisasi, dan menyesuaikan dengan hal populer di lingkungan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Monopoly Physics Station dalam materi Energi Terbarukan pada Siswa Kelas X SMA/MA dan mengetahui respon peserta didik terhadap media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development. Produk ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan praktisi pendidikan. Produk yang divalidasi oleh ahli validasi dan praktisi pendidikan akan diuji respon yang dilakukan di SMA Negeri 105 Jakarta Timur dengan melibatkan 30 peserta didik kelas X. Hasil uji validasi menunjukkan persentase uji validasi ahli media sebesar 83,75% dengan kategori sangat layak, hasil validasi materi didapatkan persentase sebesar 78,75% dengan kategori layak, hasil uji validasi ahli bahasa sebesar 75% dengan kategori layak, dan hasil validasi praktisi pendidikan didapatkan persentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak dan uji respon peserta didik dengan persentase sebesar 89% dengan kategori sangat baik.


References


Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., ... & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. Get Press, 3-4.

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Kelayakan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Risenologi, 5(1), 20-25.

Aprili, IS, Supriatna, E., & Triansyah, A. (2020). Pengembangan Alat Blok Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9 (3).

Apriyani, Y., Siswoyo, S., & Serevina, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Permainan Monopoli Pada Pokok Bahasan Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 42-48.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azizah, N. (2013). Penerapan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-12.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1).

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602.

Gustiani, S. (2019). Metode Research And Development (R&D) Sebagai Model Desain Dalam Penelitian Pendidikan Dan Alternatifnya. Holistik, 11 (2).

Hillway, T. (1956). Introduction to research. The Riberside Press Camribge.

Irwan, D. (2017). Pengembangan media permainan (game) monopoli pada pembelajaran fisika materi besaran dan satuan pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) (Doctoral dissertation, UIN Ar-RAniry Banda Aceh).

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295.

Lestari, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mochi Materi Reaksi Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri di Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(12).

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.

Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2017). Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Nurhidayati, F., & Pujianto, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Physics Get Rich Untuk Kelas X SMA Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3).

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 42–51.

Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samiya, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Konsep Sistem Imun Berbasis HOTs. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 27-30.

Sanjaya, L. A., Budi, A. S., & Astra, I. M. (2016, October). Pengembangan Alat Peraga Energi terbarukan. In Prosiding Seminar Nasional Fisika, E-Journal. (Vol. 5, pp. SNF2016-RND).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Deepublish.

Viajayani, E. R. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan suhu dan kalor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License