Implementasi Kemampuan Berpikir Investigatif Matematis dalam Mempelajari Konsep Nada pada Aksara Thailand

Andri Suryana, Indra Suyahya, Nurhayati Nurhayati, Abdul Karim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kemampuan berpikir investigatif matematis dalam mempelajari konsep nada pada aksara Thailand. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta les Bahasa Thailand yang memiliki latar belakang pendidikan matematika dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan beragam instrumen. Adapun instrumennya adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta les yang memiliki kemampuan berpikir investigatif matematis ternyata memiliki kemampuan dalam memberikan contoh khusus dari suatu topik, membuat dan menguji konjektur/dugaan, serta membuat generalisasi terkait konsep nada pada aksara Thailand. Oleh karena itu, peserta les dengan latar belakang pendidikan matematika yang memiliki kemampuan berpikir investigatif matematis dapat mempelajari konsep nada pada aksara Thailand dengan baik dan tidak kalah dengan peserta les yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa.

References


Ayu, C. dan D. Viora (2018). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika (IIIB) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai pada mata kuliah bahasa inggris ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5): 1127-1143.

Dewi, N.R. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan self-efficacy mahasiswa melalui brain-based learning berbantuan web. Published Dissertation. Bandung: UPI.

Long, T. (2018). Analisis kontrastif fonologi bahasa thailand dan bahasa indonesia. Makasar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Maiseng, M. F. (2019). Analisis kontrastif konjungsi bahasa Thai dengan bahasa Indonesia. Medan: UMSU.

Maulana (2016). Meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir kritis, kreatif, dan investigatif matematis mahasiswa PGSD melalui pembelajaran berbasis masalah berstrategi “murder”. Published Dissertation. Bandung: UPI.

Sakulpimolrat, S. (2018). Bahasa thai bahasa sahabatku. Bogor: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud RI.

Sugiyanto, dkk. (2018). Panduan kerjasama: Pertukaran dosen dan mahasiswa politeknik kesehatan kementerian kesehatan dengan perguruan tinggi di luar negeri. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sugiyono (2018). Metode penelitian kombinasi (Mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. (2022). Peran kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematis dalam mempelajari aksara Thailand. SINASIS, 3(1): 191-202.

Suryana, A., dkk. (2022). Studi eksplorasi pada nada bahasa Thailand dalam perspektif etnomatematika. JKPM, 7(2): 181-192.

Wahyuni, S. (2021). Menilai kesulitan belajar matematika dengan pengantar bahasa inggris materi logaritma kelas X bilingual MA Negeri 3 Palembang. Jurnal Perspektif, 14(1): 180-194.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License