Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching

Hawa Liberna, Witri Lestari

Abstract


Selama proses pembelajaran guru masih kurang variatif dalam mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga proses pembelajaran terasa monoton. Hal tersebut juga menyebabkan pemahaman matematika siswa rendah. Agar pembelajarannya tidak monoton maka dilakukan model pembelajaran quantum teaching yang memiliki kerangka pembelajaran yang dikenal sebagai TANDUR. Tujuan penelitian inii adalah untuk meningkatkan pemahaman matematika melalui model Quantum Teaching  di kelas VII SMP PGRI 1 Cidahu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Instrument penelitian berupa lembar tes, angket dan lembar observasi.  Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMP PGRI 1 Cidahu pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat. Aktivitas pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan segitiga dan segiempat juga meningkat.

References


Agusdianita, N., & Asmahasanah, S. (2020). Penyusunan perangkat model quantum teaching dalam pembelajaran Matematika menggunakan RME untuk meningkatkan prestasi belajar, kreativitas, dan karakter siswa SD. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 84-90.

Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 534-540.

Arifuddin, A. (2016). Pembelajaran matematika model quantum teaching dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 186-196.

Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan, (3), 85240.

Fauzi, A. M., & Noviartati, K. (2018). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe tandur ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(3).

Jupri, R., Zakaria, P., Majid, M., Resmawan, R., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 274-281.

Mustakim, A., Ngaliyah, J., & Darmayanti, R. (2023). Quantum Teaching Model: Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 10-18.

Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506-516.

Trisnawati, T., & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan keefektifan quantum teaching dan TGT pada pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 296-307.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License