Penguatan Literasi Data Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Dasmo Dasmo, Septa Wati

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 mengubah paradigma literasi lama menuju literasi baru. Literasi lama mencakup kompetensi membaca, menulis, dan menghitung. Sementara literasi baru mencakup literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Literasi data sangat penting untuk dipelajari karena mencakup keterampilan dasar analisis data, interpretasi grafik, dan pemahaman statistik. Literasi data sekarang ini dianggap sebagai komponen kunci dalam pendidikan sepanjang hayat. Literasi data adalah kemampuan untuk memahami, menginterpretasikan, dan mengambil keputusan berdasarkan data. Dengan literasi data yang baik, seseorang dapat menjadi lebih terampil dalam mengelola informasi, membuat keputusan yang informasional, dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia di sekitar mereka. Literasi data bukan hanya keterampilan yang penting dalam pendidikan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan karier di era digital.

References


Alwasilah, A. C. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Fadli, R.I., Nugraha, A.S., Raharjo, R.P., Sulton, A., & Sari, R.H. (2020). Model pembelajaran Inovatif Guru SMA Abdul Hadi dengan Strategi Literasi. Abidumasy, 1 (1), pp. 1-12.

Fitriani, Y., & Aziz, I.A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra, pp. 100-104.

Ghufron, M.A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 332-337.

Ismayani, R.M. (2013). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Sastra. Jurnal Semantik STKIP Siliwangi Bandung, 2 (2), pp. 67-86.

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indoensia di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, pp. 211-222.

Muliastrini, N.K.E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, dan SDM/Humanisme) pada Guru-guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1, pp. 131-138.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3 (1), pp. 34-40.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paramasastra, 2 (1), pp. 111-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License