Meningkatkan English Speaking Skill Mahasiswa melalui Metode Sosiodrama Online

Eva Yuni Rahmawati, Mira Gusniwati

Abstract


Setelah Pandemi COVID-19, perkuliahan dilakukan secara daring dan luring, di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Hal ini berpengaruh terhadap pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada speaking skill mahasiswa. Kurangnya kosakata dalam Bahasa Inggris, rasa malu dan kurang percaya diri, hal ini dapat menghambat siswa untuk mengungkapkan ujaran-ujaran  dalam Bahasa Inggris.oleh sebab itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan speaking skill mahasiswa. Salah satunya yaitu metode sosiodrama yang dilakukan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan speaking skill mahasiswa melalui penerapan sosiodrama online. Metode penelitian ini dengan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan speaking skill mahasiswa setelah menerapkan sosiodrama online. Pembelajaran dengan menggunakan tugas berbasis sosiodrama merupakan salah satu cara yang efektif dan membekali mahasiswa untuk sering berdialog bersama kelompok, sehingga dapat meningkatkan kosakata dan rasa percaya diri mahasiswa dalam menyampaikan gagasan atau pendapat dalam Bahasa Inggris. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tugas berbasis sosiodrama merupakan cara yang efektif.

References


Abdurrahman, G. (2014). Esensi Praktis Belajar Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Anggarasari, Nandhini Huda. (2017). Perbedaan Strategi Pembelajaran Sosiodrama dan Presentasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 1(1). 1-9

Azizah, N. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan Siswa dalam Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Sosiodrama Kelas X IPS-1 MAN 1 Medan. Jurnal Sinestesia. 11 (2). 100-104

Darmuki, Agus and Hariyadi, Ahmad. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw pada Mahasiswa Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 2, no. 2. Hlm: 256-267.

Djamarah, S.B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarata: Renika Cipta.

Iswarawati, E. M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan metode Sosiodrama Siswa Kelas V SD Negeri Cepit. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(7). 312-322.

Kaeropah. (2012). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Materi Greeting melalui Metode Sosiodrama pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Desa Bakung Lor Kecamatan jamblang kabupaten Cirebon. Skripsi. Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Muhammadiah, Mas’ud, dkk, (2015). Using Bahasa in Newspaper Headline in Makasar. Journal of Language and Literature. 6(1). 109-111.

Nehe, M.B. (2019). The Role of Sociodrama in English Speaking Class. Journal of English language and teaching literature (JELTL). 2(1). 66-78.

Ngainin, N., Kusuma Dwi Nur M., & Septiawan, F. (2022). Implementasi Metode Sosiodrama dengan Model Cooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah. 2(2). 86–94.

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Oradee, T. (2012). Developing Speaking Skills Using Three Communicative Activities (Discussion, Problem Solving, and Role Playing). International Journal Of Social Science And Humanity. 2(2). 533-535.

Rahmawati, E. Y. & Gusniwati, M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Speaking Skill) melalui Metode Show and Tell. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 383-390.

Richards, J.C. (2008). Teaching Listening And Speaking: From Theory To Practice. Language Teaching (Vol.35). Https://Doi.Org/10/1017/S02614448

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tristiantari, N. K.D. dan Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jpi: Jurnal Pendidikan Indonesia. 5 (2). 203-211

Wahab, A. A, dkk. (2009). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License