Pengaruh Physics Mobile Learning pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Analisis Siswa

Indah Ratna Ningsih, Dandan Luhur Saraswati, Zaeni Miftah

Abstract


Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan terutama melalui media pembelajaran berbasis mobile telah populer dalam era digital saat ini yang memungkinkan pengiriman materi pembelajaran melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan physics mobile learning terhadap kemampuan siswa dalam berpikir analisis pada konten gelombang bunyi dan cahaya. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pembagian dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menerima perlakuan melalui media physics mobile learning dan kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki distribusi normal dan variansi yang seragam. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak dengan nilai t-hitung sebesar 4,2, tingkat signifikansi ???? = 0,05, dan derajat kebebasan (dk) = 58, menghasilkan nilai t-tabel sebesar 1,7. Oleh karena itu, kesimpulan dapat diambil bahwa penggunaan media physics mobile learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa pada konten gelombang bunyi dan cahaya.

References


Abrar, A. I. P. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar. Penerbit NEM.

Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 130-141.

Agustian, Y., Saraswati, D. L., & Supardi, U. S. (2023). Pembuatan Alat Peraga Roda Energi Guna Mempermudah Proses Pembelajaran IPA Terpadu. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 359-366.

Anderson, L. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of education objectives. Longman. Bloom, B., Englehart, M., Furst, E., Hill, W., & Krathwohl, D.(1956). Taxonomy of educational objectives: Book 1 cognitive domain. Longman.

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 47-56.

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 47-56.

Arsyad, M. N., & Lestari, D. E. G. (2020). Efektifitas penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar mahasiswa ikip budi utomo malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 89-105.

Cikka, H. (2020). Konsep-konsep esensial dari teori dan model perencanaan dalam pembangunan pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2).

Fitriana, & Yuberti, Y. (2019). Pembelajaran Fisika Berbasis PEO (Predict-Observe-Explain) Menggunakan Metode Eksperimen Ditinjau dari Pemahaman Konsep Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 254-261.

Ghofur, A., Mukhtar, H., & Fuad, E. (2020). Rancang Bangun Module Media Pembelajaran Bentuk Aljabar Berbasis Mobile. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 1(1), 21-27.

Hakim, L. (2021). Analisis Kurikulum 2013 Dalam Membantupeningkatan Kecerdasan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-38.

Hidayati, Nurul. "Konsep Integrasi tripusat pendidikan terhadap Kemajuan masyarakat." Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11.1 (2016).

Husaen, M. M., & Yuliani, H. (2023). Sytematic Literature Review: Kelayakan Media Pembelajaran Mobile Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran MIPA Di Indonesia. LAMBDA: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 3(2), 78-86.

Ismail, A., & Gumilar, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Petik, 5, 9-17.

Mutia, N., Jahrudin, A., & Saraswati, D. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Momentum dan Impuls. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 3(2), 117-128.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31-47.

Nurdiana, I. W., & Zainiyati, H. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas IV Di MI Hidayatul Ulum. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 4(2).

Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning Untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 38-56.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Purwanti, P., & Saraswati, D. L. (2020). Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321-327.

Rahmawati, N. (2023). Pengaruh penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan berpikir analitis dan keterampilan problem solving siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 15(2), 123-137.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, 165-176.

Saraswati, D. L., Mulyaningsih, N. N., Asih, D. A. S., & Ardy, V. (2020, December). Development of Learning Media-Based Digital Book on Modern Physics Learning. In 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019) (pp. 338-343). Atlantis Press.

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31-37.

Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 200-204.

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Analisis kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18-30.

Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media pembelajaran fisika berbasis m obile learning pada platform android menggunakan aplikasi app inventor untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Natural Secience, 5(1), 800-809.

Taufiq, M., & Kaniawati, I. (2023). Mekanika Newtonian dan Signifikansi Filosofisnya. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 246-257.

Tipani, A., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. Bio Educatio, 4(2), 379081.

Valentina, K. E., Giri, I. M. A., & Suardipa, I. P. (2022). Pengaruh model pembelajaran sq4r (survey question read reflect recite review) berbantuan media powerpoint interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep muatan IPA. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(2).

Wijayanti, D. (2021). Penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran fisika: Peningkatan pemahaman konsep melalui aplikasi, video, dan simulasi interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 123-137.

Winarti, W. (2016). Contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 1-8.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.

Yansyah, M., Raditya, A., Tafsiruddin, M., Rochmatun, S., Agustina, P., & Alfiansari, A. (2023). Orientasi Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Peningkatan Kreativitas Guru Pada Proses Pembelajaran. Journal on Education, 6(1), 3601-3609.

Yoshua, R., Okyranida, I. Y., & Saraswati, D. L. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Pemanasan Global. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 3(1), 72-79.

Yusuf, O. Y. H. (2023). Engaging Classrooms: Authentic, Inclusive Engagement. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 2(2), 165-177.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License