Pengaruh Physics Mobile Learning pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Analisis Siswa
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abrar, A. I. P. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar. Penerbit NEM.
Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 130-141.
Agustian, Y., Saraswati, D. L., & Supardi, U. S. (2023). Pembuatan Alat Peraga Roda Energi Guna Mempermudah Proses Pembelajaran IPA Terpadu. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 359-366.
Anderson, L. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of education objectives. Longman. Bloom, B., Englehart, M., Furst, E., Hill, W., & Krathwohl, D.(1956). Taxonomy of educational objectives: Book 1 cognitive domain. Longman.
Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 47-56.
Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 47-56.
Arsyad, M. N., & Lestari, D. E. G. (2020). Efektifitas penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar mahasiswa ikip budi utomo malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 89-105.
Cikka, H. (2020). Konsep-konsep esensial dari teori dan model perencanaan dalam pembangunan pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2).
Fitriana, & Yuberti, Y. (2019). Pembelajaran Fisika Berbasis PEO (Predict-Observe-Explain) Menggunakan Metode Eksperimen Ditinjau dari Pemahaman Konsep Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 254-261.
Ghofur, A., Mukhtar, H., & Fuad, E. (2020). Rancang Bangun Module Media Pembelajaran Bentuk Aljabar Berbasis Mobile. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 1(1), 21-27.
Hakim, L. (2021). Analisis Kurikulum 2013 Dalam Membantupeningkatan Kecerdasan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-38.
Hidayati, Nurul. "Konsep Integrasi tripusat pendidikan terhadap Kemajuan masyarakat." Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11.1 (2016).
Husaen, M. M., & Yuliani, H. (2023). Sytematic Literature Review: Kelayakan Media Pembelajaran Mobile Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran MIPA Di Indonesia. LAMBDA: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 3(2), 78-86.
Ismail, A., & Gumilar, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Petik, 5, 9-17.
Mutia, N., Jahrudin, A., & Saraswati, D. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Momentum dan Impuls. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 3(2), 117-128.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31-47.
Nurdiana, I. W., & Zainiyati, H. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas IV Di MI Hidayatul Ulum. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 4(2).
Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning Untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 38-56.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Purwanti, P., & Saraswati, D. L. (2020). Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321-327.
Rahmawati, N. (2023). Pengaruh penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan berpikir analitis dan keterampilan problem solving siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 15(2), 123-137.
Rivalina, R. (2014). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, 165-176.
Saraswati, D. L., Mulyaningsih, N. N., Asih, D. A. S., & Ardy, V. (2020, December). Development of Learning Media-Based Digital Book on Modern Physics Learning. In 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019) (pp. 338-343). Atlantis Press.
Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31-37.
Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 200-204.
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Analisis kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18-30.
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media pembelajaran fisika berbasis m obile learning pada platform android menggunakan aplikasi app inventor untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Natural Secience, 5(1), 800-809.
Taufiq, M., & Kaniawati, I. (2023). Mekanika Newtonian dan Signifikansi Filosofisnya. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 246-257.
Tipani, A., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. Bio Educatio, 4(2), 379081.
Valentina, K. E., Giri, I. M. A., & Suardipa, I. P. (2022). Pengaruh model pembelajaran sq4r (survey question read reflect recite review) berbantuan media powerpoint interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep muatan IPA. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(2).
Wijayanti, D. (2021). Penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran fisika: Peningkatan pemahaman konsep melalui aplikasi, video, dan simulasi interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 123-137.
Winarti, W. (2016). Contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 1-8.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.
Yansyah, M., Raditya, A., Tafsiruddin, M., Rochmatun, S., Agustina, P., & Alfiansari, A. (2023). Orientasi Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Peningkatan Kreativitas Guru Pada Proses Pembelajaran. Journal on Education, 6(1), 3601-3609.
Yoshua, R., Okyranida, I. Y., & Saraswati, D. L. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Pemanasan Global. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 3(1), 72-79.
Yusuf, O. Y. H. (2023). Engaging Classrooms: Authentic, Inclusive Engagement. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 2(2), 165-177.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |