Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Etnofisika Berbasis Android Pada Tari Salai Jin Maluku Utara
Abstract
Maluku utara memiliki beragam tarian daerah salah satu contohnya yaitu tari salai jin. Pada saat ini masih kurangnya pemanfaaatan kearifan lokal pada proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran fisika khususnya pada tingkat SMA di wilayah Maluku Utara. Salah satu pemanfaatan teknologi yaitu sebagai media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan kearifan lokal tari salai jin dan teknologi sebagai media pembelajaran maka peneliti mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif etnofisika berbasis android pada tari salai jin Maluku Utara. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan serta mengetahui kelayakan, efektifitas, dan respon siswa terhadap aplikasi pembelajaran interaktif etnofisika berbasis android pada tari salai jin. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahapan. Penelitian ini mendapatkan hasil rata-rata validasi total sebesar 88% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penilaian Respon siswa terhadap aplikasi ini mendapatkan hasil skor rata-rata 86% dengan kategori sangat baik. Kemudian aplikasi ini telah melewati uji efektivitas dengan hasil skor ketuntasan belajar 84% dengan katagori “tuntas”. Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif etnofisika berbasis android pada tari Salai Jin Maluku Utara ini layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., Setiadi, I., & Damayanti, A. (2022). Ethnophysical Studies On Salai Jin Dance In North Maluku As A Source Of Learning Physics. Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 80-87)
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajran IPA terpadu. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.
Bahar, H., & Afdholi, N. S. (2019). Ketuntasan belajar IPA melalui number head together (NHT) pada kurikulum 2013. Jurnal Holistika, 3(1), 1-12.
García-Peñalvo, F. J. (2015). Mapa de tendencias en Innovación Educativa. Education in the knowledge society, 16(4), 6-23.
Halimah, W., Dewati, M., & Astuti, I. A. D. (2022, August). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 3, No. 1).
Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.
Hartawan, I. K. A., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2014). Pengembangan portal e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran fisika kelas x di sma dwijendra denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1).
Lestari, D, E. (2022). Tari Salai Jin yang Mistis dan Keberadaannya Kini. (Online). Diakses dari https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/tari-salai-jin-yang-mistis-dan-keberadaannya-kini/.
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Jurnal Berkala ilmiah pendidikan fisika, 5(3), 272-285.
Rahayu, A., Murniati, NAN, & Farikhah, I. (2013). Kajian Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Fotonovela Berbasis Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Lontar Physics Forum lpf 2013.
Syuhendri, S. (2016). Developing of conceptual change texts (ccts) based on conceptual change model to increase students’conceptual understanding and remediate misconceptions inkinematics. Sriwijaya University Learning and Education International Conference (Vol. 2, No. 1, pp. 1187-1200).
Syuhendri, S., Sania, L., & Akhsan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Perubahan Konseptual Materi Fisika Dasar Topik Kinematika. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 43-50.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Wiradana, I. W. G. (2012). Pengubahan Miskonsepsi Siswa SMP melalui Penciptaan Lingkungan Belajar Konstruktivis Berbasis Masalah Nyata. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |