Analisis Etnofisika pada Tari Siloloa sebagai Sumber Pembelajaran Fisika

Ria Asep Sumarni, Irawan Setiadi, Irnin Agustina Dwi Astuti, Muhammad Erdin Suhaya, Rachma Azkia Zahra

Abstract


Materi kinematika merupakan materi Fisika yang mempelajari gerak suatu benda tanpa memperhatikan penyebab gerak dari bendanya. Walau implementasi gerak kinematika mudah ditemui di kehidupan sehari-hari tetapi itu masih dirasa kurang sebagai sumber pembelajaran Fisika. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang mengalami miskonsepsi terhadap materi kinematika. Dengan demikian perlu adanya pembaruan sumber pembelajaran Fisika yang dirasa menarik dan dekat dengan siswa. Salah satunya dengan mengaitkan pembelajaran Fisika dengan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Tari Siloloa secara etnofisika dan menjadikannya sebagai sumber pembelajaran Fisika di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, diverifikasi, dan direduksi kemudian dikonstruksi ke pengetahuan ilmiah dan diintepretasikan ke konsep Fisika pada pembelajaran Fisika untuk siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Siloloa dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran Fisika khusus pada materi Gerak Kinematika. Salah satu materi Fisika yang berkaitan yaitu Gelombang Mekanik, Hukum Newton, Momentum, Kecepatan, Dinamika, Energi Kinetik, Inersia, Gerak Rotasi, Momen Gaya, dan Gerak Harmonik.

References


Artiawati, P. R., Mulyani, R., & Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Peserta Didik yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 13-15.

Assiddiqi, B. A., Nuraini, L., Murniati, M. E., Azura, S. H., Safitri, V., & Yuliyantika. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran E-Learning Berbantuan Website Berdu.id Pokok Bahasan Etnofisika. Journal Education and Development, 11(2), 95-100.

Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021). Kajian Etnofisika pada Tari Piring sebagai Media Pembelajaran Fisika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 477-482.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., Setiadi, I., & Suhaya, M. E. (2022). Gunatere Dance from North Maluku as a Source of Physics Learning: Analysis of Ethnophysical Studies. In 5th International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE), KnE Social Science, 342-349.

Febrianti, I., Farradhillah, S. Q. A., Mariyam, S., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2023). Analisis Pengembangan Kebudayaan Lokal Kebumen dalam Membangun Pendidikan Karakter Siswa di SDN 1

Selogiri. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 17(1), 780-792).

Lestari, N. (2023). Konsep Fisika pada Sumpit Dayak dari Kalimantan sebagai Bahan Ajar berbasis Etnofisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 551-556.

Muhammad, S., & Hasyim, R. (2020). Pelestarian Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Mewujudkan Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 3(2).

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan), 81-88.

Safitri, A. N., Mardani, D. A., Maryani, & Darwoto. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 di SMAN 1 Situbondo. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 76-81.

Syuhendri, S., Sania, L., & Akhsan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Perubahan Konseptual (TPK) Materi Fisika Dasar Topik Kinematika. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 43-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License