Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Project Based Learning Pada Tema Energi Terbarukan

Mahadewi Difara Salsabilah, Irnin Agustina Dwi Astuti, Westri Andayanti

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flipbook berbasis project based learning yang dikembangkan menggunakan perangkat lunak Anyflip pada tema energi terbarukan dan menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis flipbook yang dikembangkan menggunakan perangkat lunak Anyflip pada tema energi terbarukan. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tambun Utara kelas X 3 berjumlah 35 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) tetapi penelitian ini hanya sampai tahap implementasi karena adanya keterbatasan waktu dan biaya. Tampilan flipbook menggunakan perangkat lunak Anyflip yang kontennya didukung oleh beberapa perangkat lunak seperti Microsoft Word, Canva, Capcut. Hasil uji kelayakan flipbook dilakukan oleh para ahli media, ahli materi, ahli bahasa, praktisi pendidikan, dan uji respon kelas kecil serta kelas besar. Hasil dari ahli media yaitu 90% dengan kategori sangat layak, ahli materi 90% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa 78% dengan kategori layak, praktisi pendidikan 93% dengan kategori sangat layak. Uji respon kelas kecil 88% dengan kategori sangat baik dan kelas besar 96% dengan kategori sangat baik. Rata-rata persentase dari semua aspek sebesar 89%. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan flipbook berbasis project based learning pada tema energi terbarukan layak untuk digunakan di sekolah.

Kata Kunci: Pengembangan, Flipbook, Project Based Learning, Energi Terbarukan

References


Chotib, S. H. (2018). Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah Jurnal PGMI, 1(2), 109-115.

Dasmo, D., Astuti, I. A. D., & Nurullaeli, N. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 71-77.

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284-291.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah, dan Tarbiyah, 3(1), 171-187.

Nisak, N. Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa SMA Ditinjau Dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keaktifan Belajar. Biological Science and Education Journal, 1(2), 128-133.

Ridwan, R., Adnan, A., & Bahri, A. (2018). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Nilai Iman dan Taqwa Pada Siswa MA Kelas XI. (Disertasi). Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Suryani, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Prosiding Workshop Nasional, 1-14.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) Dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta, 5(3), 111-118.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License